Penerapan Model Pembelajaran PQ4R Terintegrasi Teknik Mind Mapping terhadap Prestasi Belajar dan Aktivitas Belajar

Beta Heva Anggraeni, Jurusan Pendidikan Kimia, FMIPA, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Eli Rohaeti, Jurusan Pendidikan Kimia, FMIPA, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

Abstract


Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperimen semu yang bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya: (1) perbedaan yang signifikan dalam hal prestasi belajar dan aktivitas belajar peserta didik yang mengikuti model pembelajaran PQ4R terintegrasi teknik mind mapping dengan peserta didik yang mengikuti model pembelajaran PQ4R tanpa terintegrasi teknik mind mapping, jika pengetahuan awal dikendalikan secara statistik, (2) perbedaan dalam hal aktivitas belajar peserta didik sebelum dan sesudah mengikuti model pembelajaran PQ4R terintegrasi teknik mind mapping, dan (3) ada tidaknya perbedaan dalam hal aktivitas belajar peserta didik sebelum dan sesudah mengikuti model pembelajaran PQ4R tanpa terintegrasi teknik mind mapping. Desain penelitian yang digunakan adalah posttest only design untuk prestasi belajar dan pretest-posttest design untuk aktivitas belajar. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XI IPA SMA Negeri 1 Kota Mungkid tahun ajaran 2017/2018 sebanyak 163 peserta didik. Sampel penelitian ini berjumlah 64 peserta didik terdiri dari 32 peserta didik kelas eksperimen (XI IPA 2) dan 32 peserta didik kelas kontrol (XI IPA 3) yang diambil dengan teknik purposive sampling. Teknik analisis data untuk uji prasyarat hipotesis menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji korelasi. Adapun uji hipotesis menggunakan uji Mancova dan uji-t sama subjek. Data diolah menggunakan program IBM SPSS versi 23. Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh penerapan model PQ4R terintegrasi teknik mind mapping.


Keywords


aktivitas belajar, mind mapping, model PQ4R, prestasi belajar

Full Text:

PDF

References


Astriani, D., Susilo, H., Suwono, H., Lukiati, B., & Purnomo, A. (2020). Mind mapping in learning models: A tool to improve student metacognitive skills. International Journal of Emerging Technologies in Learning, 15(6), 4-17.

Buzan, T. (2006). Buku pintar mind map. Gramedia Pustaka Utama.

Djamarah, S. B. (2011). Psikologi belajar. Rineka Cipta.

Khalifa, N. A. (2016). Mind mapping: An active visual, non-linear tool for augmenting student-learning strategy, underutilized in Sudanese medical education. International Journal Sudan Reserach, 6(1), 178-184.

Lie, A. (2008). Mempraktikkan cooperative learning di ruang-ruang kelas. Grasindo.

Olivia, F. (2008). Gembira belajar dengan mind mapping bantu anak menguasai "senjata rahasia" para jenius untuk melejitkan prestasi di sekolah. PT Elex Media Komputindo.

Ramdiah, S., & Corebima, A. D. (2014). Learning strategy equalizing students’ achievement, metacognitive, and critical thinking skills. American Journal of Educational Research, 2(8), 577-584.

Sanjaya, W. (2010). Strategi pembelajaran berorientasi standar proses pendidikan. Prenada Media Grup.

Sardiman. (2011). Interaksi dan motivasi belajar mengajar. Rajawali Press.

Sarimanah, E. (2016). Efeectivenes of PQ4R metacognitive strategy based reading learning models in junior high school. International Journal of Language Education and Culture Review, 2(1), 74-81.

Setiawati, H., & Corebima, A. D. (2017). The correlation between concept gaining and retention in PQ4R,TPS, and PQ4R-TPS learning strategies. Advances in Social Sciences Research Journal, 4(9), 29-44.

Strogilos, V., & King‐Sears, M. E. (2019). Co‐teaching is extra help and fun: perspectives on co‐teaching from middle school students and co‐teachers. Journal of Research in Special Educational Needs, 19(2), 92-102.

Suprijono, A. (2009). Cooperative learning: Teori & aplikasi PAIKEM. Pustaka Pelajar.

Tabrizi, A. N., & Esmaeili, Z. (2016). The effectt of mind mapping on reading comprehension ability of iranian intermediate EFL learners. modern Journal of Language Teaching Methods, 6(1), 205-218.

Trianto. (2010). Metode pembelajaran terpadu. Bumi Aksara.




DOI: https://doi.org/10.21831/jpms.v7i2.20281

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Yogyakarta

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

JPMS Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains

 

 


Creative Commons License
Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains by http://journal.uny.ac.id/index.php/jpms is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

All rights reserved.

View JPMS Stats

==========================================================================================================

Supervised by:

RJI Main logo