Penerapan Model Konstruktivistik dengan Media File Gambar 3D untuk Meningkatkan Motivasi dan Prestasi Hasil Belajar

Marsudi Marsudi, SMK Negeri 2 Pengasih, Indonesia

Abstract


The objective of this study was to improve the students’ motivation and achievement in the subject of Budget Plan through the implementation of the constructivist learning model with three-dimensional image media at the Department of Wood Construction Engineering of SMK Negeri 2 Pengasih.  This study was a classroom action research conducted in two cycles. The subjects of this study were 28 students of class III of Wood Construction Engineering, SMK Negeri 2 Pengasih in the second semester of the academic year of 2014/ 2015. The data of the student's motivation was obtained using questionnaires adapted from the model of John Keller, namely; Action, Relevance, Confidence and Satisfaction (ARCS). While the data of the students’ achievement was obtained using tests. The results revealed the application of the constructivist learning model increases the students’ motivation and achievement. It’s indicated by the improvement of the students’ motivation from the first cycle to the second cycle that was 28.52%. While the improvement of the students’ achievement, learning absorption and mastery were 7.34%, 7.34%, and 75.01% respectively.


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan prestasi hasil belajar siswa pada pembelajaran Rencana Anggaran Biaya (RAB) melalui model konstruktivistik dengan media file gambar 3 dimensi pada siswa kelas III Teknik Konstruksi Kayu SMK Negeri 2 Pengasih. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Subyek penelitian adalah siswa kelas III Teknik Konstruksi Kayu SMK Negeri 2 Pengasih semester genap tahun pelajaran 2014/ 2015 yang berjumlah 28 siswa. Data tentang motivasi siswa diperoleh dengan metode angket model dari John Keller yaitu; Action, Relevance, Confidence, dan Satisfaction (ARCS), sedangkan prestasi hasil belajar diperoleh dengan metode tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model konstrukrivistik dapat meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa. Peningkatan motivasi belajar siswa dari siklus I ke siklus II sebesar 28,52%. Sedangkan pada aspek lain dari siklus I ke siklus II yaitu terdapat peningkatan prestasi hasil belajar rata-rata skor 7,34%, daya serap 7,34%, dan ketuntasan belajar 75,01%.


Keywords


achievement, constructivist model, learning motivation, model konstruktivistik, motivasi belajar, prestasi hasil belajar

Full Text:

PDF

References


Akhmad Sudrajat. 2008. Pengertian, Fungsi, dan Jenis Media Pembelajaran. Diambil dari https://akhmadsudrajat.wordpress. com/2008/01/12/konsep-mediapembelaja ran / pada 21 Desember 2014

Arief S Sadiman, R. Rahardjo, Anung Haryono, Rahardjito. 2008. Media Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada

Aronson E., Stephen C., Sikes J., Blaney N. and Snapp M.. 1978. The Jigsaw Classroom. Beverly Hills: Sage Publications

Daryanto. 2011. Penelitian Tindakan Kelas dan Penelitian Tindakan Sekolah. Yogyakarta: Gava Media

Degeng, N. S. 2001. Media Pembelajaran. Dalam kumpulan makalah Pekerti (Pengembangan Keterampilan Instruktur) untuk Quantum Teaching. Tidak diterbitkan

Dhani Azzuri. 2014. Model Pembelajaran Konstruktivistik. Diambil dari https:// dhanz3rd.wordpress.com/2014/02/14/file-systemdiwindows-dan-linux/ pada 21 Desember 2014

Endang Mulyatiningsih. 2011. Riset Terapan Bidang Pendidikan & Teknik. Yogyakarta: UNY Press

John Latuheru. 1988. Media Pembelajaran: Dalam Proses Belajar Mengajar Masa Kini. Jakarta: P2LPTK

Keller, J. M. 1983. Motivation Design of Instruction, in Instructional-Design Theories and Models: An Overview of Their Current Status. Hillsdale: Lawrence Erlbaum Associates Publishers

Kemmis, Stephen and Taggart, Robon Mc. 1984. The Action Research Planner. Victoria: Deakin University

Mohammad Nur. 2001. Pemotivasian Siswa untuk Belajar. Surabaya: University Press

Muhammad Sukoadji dan Suratman. 1979. Pengetahuan Industri dan Rencana Anggaran I. Jakarta: Direktorat Pendidikan Menengah dan Kejuruan

Pusat Bahasa Depdiknas. 1996. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka

Schramm, Wilbur. 1977. Big Media, Little Media, Tools, and Technologies for Instruction. London: Sage Publications

Soetomo. 1993. Pembelajaran Menyenangkan untuk Anak-anak Autis. Jakarta: Bumi Aksara

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Administrasi. Bandung: Alfabeta

Suharsimi Arikunto. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta

Syaiful Bachri Djamarah. 2002. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta

Tukiran Taniredja, Irma Pujiati, dan Nyata. 2011. Penelitian Tindakan Kelas Untuk Pengembangan Profesi Guru. Bandung: Alfabeta

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2003 Nomor 4301

Uzer Usman. 2000. Menjadi Guru Profesional. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Zainal Aqib. 2006. Penelitian Tindakan Kelas Untuk Guru. Bandung: Yrama Widya




DOI: https://doi.org/10.21831/jptk.v23i1.9351

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan



 

Online (e-ISSN): 2477-2410 || Printed (p-ISSN): 0854-4735

Jurnal Pendidikan Teknologi Kejuruan by http://journal.uny.ac.id/index.php/jptk was distributed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View My Stats

Supported by:

Jurnal Ilmiah Magister Managemen

Social Media: