KONSEP MODIFIKASI UNTUK MENINGKATKAN DAYA MESIN SEPEDA MOTOR

Nirmala Adhi Yoga Pambayun, Pendidikan Teknik Otomotif FT UNY
Sukoco Sukoco, Pendidikan Teknik Otomotif FT UNY
Wardan Suyanto, Pendidikan Teknik Otomotif FT UNY
Sudarwanto Sudarwanto, Pendidikan Teknik Otomotif FT UNY

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk, (1) Mengetahui peningkatan daya mesin sepeda motor 4 langkah dengan sistem bahan bakar karburator setelah dimodifikasi, (a) volume mesin (cc); (b) perbandingan kompresi mesin; (c) mekanikal katup; (d) sistem pemasukan (intake); (e) sistem pembuangan (exhaust); (2) Mengetahui emisi gas buang mesin setelah dimodifikasi apakah masih masuk dalam ambang batas emisi yang ditetapkan pemerintah. Penelitian ini merupakan penelitian research and development. Subjek penelitian ini adalah mesin sepeda motor 4 langkah dengan sistem bahan bakar karburator. Alat yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah dynotest dan exhaust gas analyzer. Data hasil pengujian dianalisis dengan statistik diskriptif berupa rata-rata dan persentase (%) serta regresi sederhana. Hasil penelitian menunjukkan, (1) Daya mesin meningkat sebesar 151 % dari 5,8 HP/6063 rpm menjadi 14,6 HP/10.171 rpm; (2) Emisi gas buang mesin setelah modifikasi masih masuk dalam ambang batas emisi yang ditetapkan pemerintah yakni HC 815 ppm dan CO 3.306 % dengan ambang batas HC  2400 ppm dan CO 5.5 %.

Kata Kunci: Modifikasi, Daya, Emisi


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/jpvo.v1i1.21782

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Jurnal Pendidikan dan Vokasi Otomotif



 

Indexed by

 

Supported by:



RJI Main logo

Akreditasi Jurnal

 

 

 

Creative Commons License

Jurnal Pendidikan Vokasi Otomotif is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.uny.ac.id/index.php/jpvo.

JPVO Stats