ANALISIS PEMANFAATAN MODUL SUPERVISI AKADEMIK DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI SUPERVISI PADA DIKLAT CALON KEPALA SEKOLAH

Indah Mustika Rini, Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia
Cepi Riyana, Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kompetensi supervisi kepala sekolah berdasarkan hasil Uji Kompetensi Kepala Sekolah (UKKS) tahun 2015. Untuk meningkatkan kompetensi tersebut maka diperlukan berbagai upaya strategis melalui pendidikan dan pelatihan. Lembaga Pengembangan dan Pemberdayaan Kepala Sekolah (LPPKS) telah menyelenggarakan program diklat calon kepala sekolah sejak tahun 2010. Pelaksanaan diklat tidak terlepas dari keberadaan modul sebagai instrumental input dari sistem pembelajaran. Namun, apakah modul diklat tersebut dapat memberikan manfaat dalam meningkatkan kompetensi peserta diklat? Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis dan mendeskripsikan sejauh mana pemanfaatan modul supervisi akademik dalam meningkatkan kompetensi supervisi pada diklat calon kepala sekolah. Metode pada penelitian ini deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data dengan cara studi dokumen, wawancara, dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa modul Supervisi Akademik dikembangkan dengan cara mengkompilasi dan menulis sendiri oleh tim gabungan yaitu unsur akademisi dan praktisi. Teknik layout pada modul menggunakan standar pada umumnya karya tulis ilmiah. Modul digunakan sebagai bahan pembelajaran utama. Master Trainer, sebelum melaksanakan diklat mempersiapkan skenario pembelajaran berupa RBPMD (Rancang Bangun Program Mata Diklat) dan RP (Rencana Pembelajaran) dengan alokasi waktu sebanyak 9 JP (jam pelajaran). Modul digunakan mulai dari persiapan, pelaksanaan, dan pasca pembelajaran pada tahap in service learning 1 dan on the job learning. Peserta diklat merespon modul terhadap aspek tampilan, substansi isi, keterbacaan, pedagogis, serta kebermanfaatannya. Peserta diklat memanfaatkan modul dalam kegiatan pembelajaran secara individu, kelompok, dan klasikal pada tahap In service learning 1, On the job learning, In service learning 2, dan setelah menjabat. Faktor-faktor yang mempengaruhi pemanfaatan modul mencakup fasilitator, peserta diklat, suasana dan lingkungan diklat, latar belakang pendidikan, usia serta pengalaman. Kedepannya perlu dilakukan penyempurnaan kualitas keseluruhan modul baik dalam penulisan dan penyajian isi serta cara membelajarkan.

Full Text:

PDF

References


Abdullah, R. (2012). Pembelajaran Berbasis Pemanfaatan Sumber Belajar. Jurnal Ilmiah DIDAKTIKA, Vol. XII, No. 2, Februari 2012, hlm. 216-231.

Achmadi, Suharno, H. & Suryani, N. (2014). Penerapan Model ASSURE Dengan Menggunakan Media Power Point dalam Pembelajaran Bahasa Inggris sebagai Usaha Peningkatan Motivasi dan Prestasi Belajar Siswa Kelas X MAN Sukoharjo Tahun Pelajaran 2012/2013. Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran, Vol. 2, No. 1, hlm. 35-48.

Ambarita, B., Siburian, P. & Purba, S. (2014). Development of Academic Supervision Model which Based on Educational Management. International Journal of Sciences: Basic and Applied Research (IJSBAR), Vol. 18, No. 1, pp. 304-314.

Anwas, O. M. (2012). Faktor-faktor yang Mempengaruhi Pemanfaatan Media Massa sebagai Media Pembelajaran. Jurnal Teknodik, Vol. XVI, No. 3, September 2012.

Danim, S. (2013). Pedagogi, Andragogi, dan Heutagogi. Bandung: Alfabeta.

Falahudin, I. (2014). Pemanfaatan Media dalam Pembelajaran. Jurnal Lingkar Widyaiswara, Edisi 1, No. 4, hlm. 104-117.

Giarti, Sri. (2012). Penerapan Model Pembelajaran ASSURE untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas VI SD Negeri 2 Bengle Kecamatan Wonosegoro – Boyolali. Scholaria, Vol. 2, No. 1, Januari 2012, hlm. 195-215.

Hamalik, O. (1993). Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran: Dasar dan Strategi Pelaksanannya di Perguruan Tinggi. Cetakan 1. Jakarta: PT Trigenda Karya.

Hasan, S. H. (2014). Evaluasi Kurikulum. Cetakan Ketiga, Desember 2014. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Hendarman. (2016). Revolusi Kinerja Kepala Sekolah. Cetakan ketiga. Jakarta: PT Indeks.

Iwantoro. (2014). Kompetensi Supervisi Kepala Sekolah Meningkatkan Kinerja Guru dalam Rangka Mencapai Tujuan Pendidikan. Jurnal Ilmu Tarbiyah “At-Tajdid”, Vol. 3, No. 2, Juli 2014, hlm. 53-65.

Jayanti, Ni Gst. A. Md. Armita, Md. Putra & I B. Gd. Suryaabadi. (2014). Pengaruh Penerapan Model pembelajaran ASSURE Berbantuan Media Audiovisual terhadap Hasil Belajar PKn Siswa Kelas V SD Gugus IV Kediri, Tabanan. E-Journal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan PGSD, Vol. 2, No. 1, Tahun 2014.

Kemp, J. E. (1994). Proses Perancangan Pengajaran. Bandung: Penerbit ITB Bandung.

Mahnun, N. (2012). Media Pembelajaran (Kajian terhadap Langkah-Langkah Pemilihan Media dan Implementasnya dalam Pembelajaran). Jurnal Pemikiran Islam, Vol. 37, No. 1, Januari-Juni 2012, hlm. 27-35.

Mintadji. (2015). Implementasi Supervisi Akademik Kepala Sekolah SMP Negeri di Tarakan. Jurnal Kebijakan dan Pengembangan Pendidikan, Vol. 3, No. 1, Januari 2015, hlm. 82-87.

Mulyasa, E. (2002). Kurikulum Berbasis Kompetensi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Mulyasa, E. (2008). Menjadi Guru Profesional: Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Mulyasa, E. (2009). Menjadi Kepala Sekolah Profesional. Cetakan kesepuluh, Oktober 2009. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Mustamin & Yasin, M. A. M. (2012). The Competence of School Principals: What Kind of Need Competence for School Success?. Journal of Education and Learning, Vol. 6(1), pp. 33-42.

Miles, M. B. & Huberman, A. M. (1984). Qualitative Data Analysis. Baverly Hills: Sage Publication.

Moleong, Y. L. (2017). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Nurdin, Syafruddin & Adriantoni. (2016). Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Prawiladilaga, D. S. & Siregar, E, ed. (2004). Mozaik Teknologi Pendidikan. Jakarta: Prenada Media.

Purnama, E. K. (2012). Intensitas Pemanfaatan Sumber Belajar dan Sikap Mahasiswa pada Profesi Guru terhadap Prestasi Belajar Profesi Keguruan. Jurnal Teknodik, Vol. XVI, No. 2, Juni 2012.

Purwanto, Rahadi, A. & Lasmono, S. (2007). Pengembangan Modul. Jakarta: Pusat Teknologi Informasi dan Komunikasi Pendidikan, Depdiknas.

Rahman, M. H. (2015). Learning Assessment in a Self Learning Material. International Journal on New Trends in Education and Their Implications, July 2015, Volume: 6, Issue: 3, Article: 10, pp. 95-101.

Rifaldi, M. A. & Roesminingsih, E. (2014). Pengaruh Supervisi Kepala Sekolah dan Motivasi Kerja Guru terhadap Kepuasan Kerja Guru di SMK ADB INVEST Se-Kota Surabaya. Jurnal Inspirasi Manajemen Pendidikan, Vol. 4, No. 4, April 2014, hlm. 122-133.

Robinson, J. W. Jr. & Crittenden, W. B. (1972). Learning Modules: A Concept for Extension Educators?. Journal of Extension: Winter 1972, pp. 35-44.

Rusman. (2012). Manajemen Kurikulum. Jakarta:PT Raja Grafindo Persada.

Rusman. (2017). Belajar & Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana

Sadiman, A. S. dkk. (2007). Media Pendidikan: Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Sanjaya, W. (2005). Pembelajaran dalam Implementasi Kurikulum Berbasis Kompetensi. Jakarta: Kencana.

Soemantrie, H. (2010). “Kompetensi” Sebagai Landasan Konseptual Kebijakan Kurikulum Sekolah di Indonesia. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, Vol. 16. No. 6, Nopember 2010. hlm. 684-698. Pusat Kurikulum. Badan Penelitian dan Pengembangan Nasional. Kemendiknas.

Sukmadinata, N. S. & Syaodih, E. (2012). Kurikulum dan Pembelajaran Kompetensi. Cetakan kesatu, Juli 2012. Bandung: PT Refika Aditama.

Sukmadinata, N. S. (2017). Metode Penelitian Pendidikan. Cetakan Keduabelas, Oktober 2017. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Suryantini. (2016). Peningkatan Kompetensi Supervisi Kepala Sekolah melalui Supervisi Kelompok di Sekolah Dasar. Jurnal Managemen Pendidikan, Vol. 11, No. 2, Januari 2016, hlm. 9-17.

Suwartini, E. A. (2017). Supervisi Akademik Kepala Sekolah, Profesionalisme Guru dan Mutu Pendidikan. Jurnal Administrasi Pendidikan, Vol. XXIV, No. 2, Oktober 2017, hlm. 62-70.

Syafmawati, I. (2013). Persepsi Guru tentang Kompetensi Supervisi Kepala Sekolah SD Negeri Kecamatan Padang Timur Kota Padang. Bahana Manajemen Pendidikan: Jurnal Administrasi Pendidikan, Vol. 1, No. 1, Oktober 2013, hlm. 93-100.

S., Tatang (2016). Supervisi Pendidikan. Cetakan kesatu, Januari 2016. Bandung: CV Pustaka Setia.

Wahyudin, Dinn. (2014). Manajemen Kurikulum. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Waldopo. (2012). Pembelajaran Berbasis Masalah, Sebuah Strategi Pembelajaran untuk Menyiapkan Kemandirian Peserta Didik. Jurnal Teknodik, Vol. XVI, No. 3, September 2012.

Warsihna, J. (2013). Pemanfaatan TIK untuk Pendidikan (E-Learning) di SMP. Jurnal Teknodik, Vol. 17, No. 1, Maret 2013.

Warsita, B. (2014). Pola Kegiatan Pembelajaran dalam Pendidikan Jarak Jauh. Jurnal Teknodik, Vol. 18, No. 1, April 2014.

Yin, R. K. (2015). Studi Kasus: Desain & Metode. Cetakan Keempatbelas, Agustus 2015. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 13 Tahun 2007 tentang Standar Kompetensi Kepala Sekolah/Madrasah

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 6 Tahun 2018 tentang Penugasan Guru Sebagai Kepala Sekolah

Any, J. I. (2011). Pemanfaatan Sumber-Sumber Belajar dalam Proses Pembelajaran di SMP Negeri 2 Lebaksiu Kabupaten Tegal. (Skripsi). Jurusan Kurikulum dan Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Semarang.

Direktorat Jenderal Peningkatan Mutu Pendidik dan Tenaga Kependidikan. (2007). Supervisi Akademik dalam Peningkatan Profesionalisme Guru. Jakarta: Depdiknas.

Jawadha, A. (2015). Implementasi Penggunaan Modul untuk Meningkatkan Keaktifan dan Prestasi Belajar pada Pembelajaran Pemeliharaan Mesin Kendaraan Ringan Kelas XI Otomotif SMK Ma’arif Wates. (Skripsi). Program Studi Pendidikan Teknik Otomotif, Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta.

Kurniawati. (2017). Penerapan Langkah-Langkah Model ASSURE dalam Pemilihan Media Mata Pelajaran IPA oleh Guru SD Negeri Kelas Rendah Se-Kecamatan Seyegan. (Skripsi). Program Studi Teknologi Pendidikan Jurusan Kurikulum dan Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta.

Lilawati, J. (2017). Analisis Pemanfaatan Sumber Belajar dalam Proses Pembelajaran. Prosiding Seminar Nasional Tahunan Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Medan Tahun 2017, hlm. 106-109.

Website https://kbbi.web.id/analisis diakses tanggal 26 Januari 2018

Website http://id.wikipedia.org/pembelajaran diakses tanggal 26 Januari 2018




DOI: https://doi.org/10.21831/diklus.v2i2.23653

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 DIKLUS: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah



Our journal indexed by:

 
 
Creative Commons LicenseDiklus: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah by https://journal.uny.ac.id/index.php/jurnaldiklus is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Diklus Stats