ANALISIS PEMANFAATAN MODUL SUPERVISI AKADEMIK DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI SUPERVISI PADA DIKLAT CALON KEPALA SEKOLAH
Cepi Riyana, Universitas Pendidikan Indonesia, Indonesia
Abstract
Full Text:
PDFReferences
Abdullah, R. (2012). Pembelajaran Berbasis Pemanfaatan Sumber Belajar. Jurnal Ilmiah DIDAKTIKA, Vol. XII, No. 2, Februari 2012, hlm. 216-231.
Achmadi, Suharno, H. & Suryani, N. (2014). Penerapan Model ASSURE Dengan Menggunakan Media Power Point dalam Pembelajaran Bahasa Inggris sebagai Usaha Peningkatan Motivasi dan Prestasi Belajar Siswa Kelas X MAN Sukoharjo Tahun Pelajaran 2012/2013. Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran, Vol. 2, No. 1, hlm. 35-48.
Ambarita, B., Siburian, P. & Purba, S. (2014). Development of Academic Supervision Model which Based on Educational Management. International Journal of Sciences: Basic and Applied Research (IJSBAR), Vol. 18, No. 1, pp. 304-314.
Anwas, O. M. (2012). Faktor-faktor yang Mempengaruhi Pemanfaatan Media Massa sebagai Media Pembelajaran. Jurnal Teknodik, Vol. XVI, No. 3, September 2012.
Danim, S. (2013). Pedagogi, Andragogi, dan Heutagogi. Bandung: Alfabeta.
Falahudin, I. (2014). Pemanfaatan Media dalam Pembelajaran. Jurnal Lingkar Widyaiswara, Edisi 1, No. 4, hlm. 104-117.
Giarti, Sri. (2012). Penerapan Model Pembelajaran ASSURE untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas VI SD Negeri 2 Bengle Kecamatan Wonosegoro – Boyolali. Scholaria, Vol. 2, No. 1, Januari 2012, hlm. 195-215.
Hamalik, O. (1993). Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran: Dasar dan Strategi Pelaksanannya di Perguruan Tinggi. Cetakan 1. Jakarta: PT Trigenda Karya.
Hasan, S. H. (2014). Evaluasi Kurikulum. Cetakan Ketiga, Desember 2014. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Hendarman. (2016). Revolusi Kinerja Kepala Sekolah. Cetakan ketiga. Jakarta: PT Indeks.
Iwantoro. (2014). Kompetensi Supervisi Kepala Sekolah Meningkatkan Kinerja Guru dalam Rangka Mencapai Tujuan Pendidikan. Jurnal Ilmu Tarbiyah “At-Tajdid”, Vol. 3, No. 2, Juli 2014, hlm. 53-65.
Jayanti, Ni Gst. A. Md. Armita, Md. Putra & I B. Gd. Suryaabadi. (2014). Pengaruh Penerapan Model pembelajaran ASSURE Berbantuan Media Audiovisual terhadap Hasil Belajar PKn Siswa Kelas V SD Gugus IV Kediri, Tabanan. E-Journal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan PGSD, Vol. 2, No. 1, Tahun 2014.
Kemp, J. E. (1994). Proses Perancangan Pengajaran. Bandung: Penerbit ITB Bandung.
Mahnun, N. (2012). Media Pembelajaran (Kajian terhadap Langkah-Langkah Pemilihan Media dan Implementasnya dalam Pembelajaran). Jurnal Pemikiran Islam, Vol. 37, No. 1, Januari-Juni 2012, hlm. 27-35.
Mintadji. (2015). Implementasi Supervisi Akademik Kepala Sekolah SMP Negeri di Tarakan. Jurnal Kebijakan dan Pengembangan Pendidikan, Vol. 3, No. 1, Januari 2015, hlm. 82-87.
Mulyasa, E. (2002). Kurikulum Berbasis Kompetensi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Mulyasa, E. (2008). Menjadi Guru Profesional: Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Mulyasa, E. (2009). Menjadi Kepala Sekolah Profesional. Cetakan kesepuluh, Oktober 2009. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Mustamin & Yasin, M. A. M. (2012). The Competence of School Principals: What Kind of Need Competence for School Success?. Journal of Education and Learning, Vol. 6(1), pp. 33-42.
Miles, M. B. & Huberman, A. M. (1984). Qualitative Data Analysis. Baverly Hills: Sage Publication.
Moleong, Y. L. (2017). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Nurdin, Syafruddin & Adriantoni. (2016). Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.
Prawiladilaga, D. S. & Siregar, E, ed. (2004). Mozaik Teknologi Pendidikan. Jakarta: Prenada Media.
Purnama, E. K. (2012). Intensitas Pemanfaatan Sumber Belajar dan Sikap Mahasiswa pada Profesi Guru terhadap Prestasi Belajar Profesi Keguruan. Jurnal Teknodik, Vol. XVI, No. 2, Juni 2012.
Purwanto, Rahadi, A. & Lasmono, S. (2007). Pengembangan Modul. Jakarta: Pusat Teknologi Informasi dan Komunikasi Pendidikan, Depdiknas.
Rahman, M. H. (2015). Learning Assessment in a Self Learning Material. International Journal on New Trends in Education and Their Implications, July 2015, Volume: 6, Issue: 3, Article: 10, pp. 95-101.
Rifaldi, M. A. & Roesminingsih, E. (2014). Pengaruh Supervisi Kepala Sekolah dan Motivasi Kerja Guru terhadap Kepuasan Kerja Guru di SMK ADB INVEST Se-Kota Surabaya. Jurnal Inspirasi Manajemen Pendidikan, Vol. 4, No. 4, April 2014, hlm. 122-133.
Robinson, J. W. Jr. & Crittenden, W. B. (1972). Learning Modules: A Concept for Extension Educators?. Journal of Extension: Winter 1972, pp. 35-44.
Rusman. (2012). Manajemen Kurikulum. Jakarta:PT Raja Grafindo Persada.
Rusman. (2017). Belajar & Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana
Sadiman, A. S. dkk. (2007). Media Pendidikan: Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.
Sanjaya, W. (2005). Pembelajaran dalam Implementasi Kurikulum Berbasis Kompetensi. Jakarta: Kencana.
Soemantrie, H. (2010). “Kompetensi” Sebagai Landasan Konseptual Kebijakan Kurikulum Sekolah di Indonesia. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, Vol. 16. No. 6, Nopember 2010. hlm. 684-698. Pusat Kurikulum. Badan Penelitian dan Pengembangan Nasional. Kemendiknas.
Sukmadinata, N. S. & Syaodih, E. (2012). Kurikulum dan Pembelajaran Kompetensi. Cetakan kesatu, Juli 2012. Bandung: PT Refika Aditama.
Sukmadinata, N. S. (2017). Metode Penelitian Pendidikan. Cetakan Keduabelas, Oktober 2017. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Suryantini. (2016). Peningkatan Kompetensi Supervisi Kepala Sekolah melalui Supervisi Kelompok di Sekolah Dasar. Jurnal Managemen Pendidikan, Vol. 11, No. 2, Januari 2016, hlm. 9-17.
Suwartini, E. A. (2017). Supervisi Akademik Kepala Sekolah, Profesionalisme Guru dan Mutu Pendidikan. Jurnal Administrasi Pendidikan, Vol. XXIV, No. 2, Oktober 2017, hlm. 62-70.
Syafmawati, I. (2013). Persepsi Guru tentang Kompetensi Supervisi Kepala Sekolah SD Negeri Kecamatan Padang Timur Kota Padang. Bahana Manajemen Pendidikan: Jurnal Administrasi Pendidikan, Vol. 1, No. 1, Oktober 2013, hlm. 93-100.
S., Tatang (2016). Supervisi Pendidikan. Cetakan kesatu, Januari 2016. Bandung: CV Pustaka Setia.
Wahyudin, Dinn. (2014). Manajemen Kurikulum. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Waldopo. (2012). Pembelajaran Berbasis Masalah, Sebuah Strategi Pembelajaran untuk Menyiapkan Kemandirian Peserta Didik. Jurnal Teknodik, Vol. XVI, No. 3, September 2012.
Warsihna, J. (2013). Pemanfaatan TIK untuk Pendidikan (E-Learning) di SMP. Jurnal Teknodik, Vol. 17, No. 1, Maret 2013.
Warsita, B. (2014). Pola Kegiatan Pembelajaran dalam Pendidikan Jarak Jauh. Jurnal Teknodik, Vol. 18, No. 1, April 2014.
Yin, R. K. (2015). Studi Kasus: Desain & Metode. Cetakan Keempatbelas, Agustus 2015. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.
Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 13 Tahun 2007 tentang Standar Kompetensi Kepala Sekolah/Madrasah
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 6 Tahun 2018 tentang Penugasan Guru Sebagai Kepala Sekolah
Any, J. I. (2011). Pemanfaatan Sumber-Sumber Belajar dalam Proses Pembelajaran di SMP Negeri 2 Lebaksiu Kabupaten Tegal. (Skripsi). Jurusan Kurikulum dan Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Semarang.
Direktorat Jenderal Peningkatan Mutu Pendidik dan Tenaga Kependidikan. (2007). Supervisi Akademik dalam Peningkatan Profesionalisme Guru. Jakarta: Depdiknas.
Jawadha, A. (2015). Implementasi Penggunaan Modul untuk Meningkatkan Keaktifan dan Prestasi Belajar pada Pembelajaran Pemeliharaan Mesin Kendaraan Ringan Kelas XI Otomotif SMK Ma’arif Wates. (Skripsi). Program Studi Pendidikan Teknik Otomotif, Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta.
Kurniawati. (2017). Penerapan Langkah-Langkah Model ASSURE dalam Pemilihan Media Mata Pelajaran IPA oleh Guru SD Negeri Kelas Rendah Se-Kecamatan Seyegan. (Skripsi). Program Studi Teknologi Pendidikan Jurusan Kurikulum dan Teknologi Pendidikan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta.
Lilawati, J. (2017). Analisis Pemanfaatan Sumber Belajar dalam Proses Pembelajaran. Prosiding Seminar Nasional Tahunan Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Medan Tahun 2017, hlm. 106-109.
Website https://kbbi.web.id/analisis diakses tanggal 26 Januari 2018
Website http://id.wikipedia.org/pembelajaran diakses tanggal 26 Januari 2018
DOI: https://doi.org/10.21831/diklus.v2i2.23653
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 DIKLUS: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah
Our journal indexed by:
Diklus: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah by https://journal.uny.ac.id/index.php/jurnaldiklus is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. |
Diklus Stats |