Pengaruh Maket Flood Prevention Terhadap Pengetahuan Mitigasi Bencana di TK Negeri Pembina 01 Kampar

Humairah Humairah, Universitas Riau, Indonesia
Rita Kurnia, Universitas Riau, Indonesia
Ria Novianti, Universitas Riau, Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengetahuan mitigasi bencana banjir anak usia 4-5 tahun sebelum dan sesudah diberikan perlakuan maket flood prevention di TK Negeri Pembina 01 Kampa Kabupaten Kampar. Jenis penelitian ini eksperimen kuantitatif dengan desain rancangan penelitian model pra eksperimen one group pretest posttest design. Populasi penelitian adalah 33 anak usia 4-5 tahun di TK Negeri Pembina 01 Kampa Kabupaten Kampar, sampel yang digunakan adalah anak kelas B1 dengan jumlah anak 11 anak. Berdasarkan hasil penelitian, peneliti menyimpulkan bahwa pengetahuan mitigasi bencana banjir anak sebelum perlakuan dengan persentase 41,67% kemudian diberikan perlakuan meningkat dengan persentase 80,30%. Teknik pengumpulan data yang dilakukan yaitu melalui observasi dan lembar kerja anak, dan data primer yaitu dilakukan secara langsung oleh peneliti. Analisis data menggunakan uji t-test. Hasil penelitian menunjukkan ada peningkatan pengetahuan mitigasi bencana banjir anak usia 4-5 tahun dilihat dari skor perolehan rata-rata sebelum dan sesudah perlakuan. Hasil analisis data diperoleh thitung 30,47 lebih besar ttabel 1,812 dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa maket flood prevention berpengaruh terhadap pengetahuan mitigasi bencana banjir anak usia 5-6 tahun di TK Negeri Pembina 01 Kampa Kabupaten Kampar. Dapat disimpulkan dalam penelitian ini terdapat pengaruh maket flood prevention sebelum dan sesudah terhadap pengetahuan mitigasi bencan banjir  anak usia 4-5 tahun di TK Negeri Pembina 01 Kampa Kabupaten Kampar.

 

The Influence of Flood Prevention Model on Flood Disaster Mitigation Knowledge of 5-6 Year Old Children at Pembina 01 Kampa State Kindergarten, Kampar Regency

Abstract

This study aims to determine knowledge of flood disaster mitigation for children aged 4-5 years before and after being given treatment for flood prevention at TK Negeri Pembina 01 Kampa, Kampar Regency. This type of research is a quantitative experiment with a pre-experimental research design model, one group pretest posttest design. The research population was 33 children aged 4-5 years at the Pembina 01 Kampa State Kindergarten, Kampar Regency. The sample used was class B1 children with a total of 11 children. Based on the results of the research that has been carried out, the researchers concluded that children's knowledge of flood disaster mitigation before treatment was 41.67%, then given treatment increased by 80.30%. The data collection technique used was through observation, children's worksheets, and primary data, which was carried out directly by the researcher. Data analysis used the t-test. The results of the study showed that there was an increase in flood disaster mitigation knowledge for children aged 4-5 years, seen from the average score obtained before and after treatment. The results of data analysis obtained tcount 30.47 which is greater than ttable 1.812 from this research. It can be concluded that flood prevention has an influence on the knowledge of flood disaster mitigation for children aged 5-6 years at the Pembina 01 Kampa State Kindergarten, Kampar Regency. It can be concluded from this research that there is an influence of pre- and post-preventing floods on the knowledge of disaster flood mitigation in children aged 4-5 years at the Pembina 01 Kampa State Kindergarten, Kampar Regency.


Keywords


anak usia dini; mitigasi bencana banjir; maket flood prevention, early childhood; flood disaster mitigation; flood prevention model

Full Text:

PDF

References


Abraham, I., & Supriyati, Y. (2022). Desain Kuasi Eksperimen Dalam Pendidikan: Literatur Review. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 8(3), 2476–2482. https://doi.org/10.58258/jime.v8i3.3800

Adiyoso, W. (2018). Pengaruh pengetahuan mitigasi bencana banjir pada anak usia dini [E-book]. Penerbit Ilmiah.

Aini, S., Fitriani, D., & Juwita, R. P. (2024). Pengaruh Media Digital Terhadap Pengenalan Mitigasi Bencana Banjir Pada Anak Usia Dini Di TK Pembina Negeri Singkil. Bunayya: Jurnal Pendidikan Anak, 10(1), 88–98.

Anindhita, W., Sari, E., & Kusuma, D. L. (2024). Mitigasi bencana banjir pada anak usia dini. Jurnal Inovasi Hasil Pengabdian Masyarakat (JIPEMAS), 7(2), 504–515. https://doi.org/10.33474/jipemas.v7i2.21759

Anita, A., Kurnia, R., & Chairilsyah, D. (2023). PENGEMBANGAN MEDIA POP UP BOOK BERBASIS PENGETAHUAN MITIGASI BENCANA GEMPA BUMI UNTUK ANAK USIA 4-5 TAHUN. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran (JRPP), 6(3), 572-577.

Aprida, S. N., & Suyadi, S. (2022). Implementasi Pembelajaran Al-Qur’an Terhadap Perkembangan Nilai Agama dan Moral Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4). https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.1959

Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta.

Arikunto, S. (2019). Prosedur Penelitian. Rineka Cipta.

Azizah, M., Khoirudin Apriadi, R., Tri Januarti, R., Winugroho, T., Yulianto, S., Kurniawan, W., & Dewa Ketut Kerta Widana, I. (2021). Kajian Risiko Bencana Berdasarkan Jumlah Kejadian dan Dampak Bencana di Indonesia Periode Tahun 2010 – 2020. PENDIPA Journal of Science Education, 6(1). https://doi.org/10.33369/pendipa.6.1.35-40

Camilla, A., & Ningrum, M. A. (2023). Pengembangan MIBEBA Games (Mitigasi Bencana Banjir) untuk Menstimulasi Keterampilan Berkomunikasi Anak Usia 5-6 Tahun. SELING: Jurnal Program Studi PGRA, 9(2).

Danang, D., Suwardi, S., & Hidayat, I. A. (2019). Mitigasi Bencana Banjir dengan Sistem Informasi Monitoring dan Peringatan Dini Bencana menggunakan Microcontroller Arduino Berbasis IoT. TEKNIK, 40(1). https://doi.org/10.14710/teknik.v40i1.23342

Pristiwanti, D., & Badariah, B. (2022). Jurnal Pendidikan dan Konseling. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(1980).

Firmansyah, D., & Dede. (2022). Teknik Pengambilan Sampel Umum dalam Metodologi Penelitian: Literature Review. Jurnal Ilmiah Pendidikan Holistik (JIPH), 1(2). https://doi.org/10.55927/jiph.v1i2.937

Guslinda, & Kurnia, R. (2018). Media Pembelajaran Anak Usia Dini. Jakad Media Publishing.

Hasna. (2020). KUMARA CENDEKIA Vol. 8 No. 3 Bulan September 2020. Pendidikan Anak, 8(3), 280–290.

Helmi, M. (2020). Penemuan Hukum oleh Hakim Berdasarkan Paradigma Konstruktivisme. Kanun Jurnal Ilmu Hukum, 22(1). https://doi.org/10.24815/kanun.v22i1.14792

Jeannaftali, T. H., & Hasibuan, R. (2024). Pengembangan Media Lift the Flap Book Terhadap Pemahaman Mitigasi Bencana Banjir Pada Anak Usia 5-6 Tahun. PAUD Teratai, 13(1).

Putri, M. S., Reza, M., Widayanti, M. D., & Komalasari, D. (2022). Efektivitas Penggunaan Media Busy Book Dalam Meningkatkan Pengetahuan Mitigasi Bencana Banjir Pada Anak Usia 5-6 Tahun. Kiddo: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 3(2). https://doi.org/10.19105/kiddo.v3i2.6483

Nurani, Y., Hapidin, H., Wulandari, C., & Sutihat, E. (2022). Pengenalan Mitigasi Bencana Banjir untuk Anak Usia Dini melalui Media Digital Video Pembelajaran. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(6), 5747–5756. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i6.2940

Osofsky, J. O. Y. D., & REUTHER, E. T. (2013). Young Children and Disasters. Zero to Three, 34(2).

Romero, J. (2016). Pengembangan model pembelajaran manajemen bencana alam banjir untuk anak usia 4-5 tahun. Applied Microbiology and Biotechnology, 85(1), 6.

Safira, A. R., Suyanto, S., Tiara, D. R., & Mahbubah, N. A. (2022). PENGEMBANGAN MEDIA PERMAINAN “FLOODING MOCKUP” UNTUK MENGENALKAN SAMPAH DAN BANJIR PADA ANAK USIA DINI. Jurnal PG-PAUD Trunojoyo : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Anak Usia Dini, 9(2). https://doi.org/10.21107/pgpaudtrunojoyo.v9i2.16877

Sari, N., Dayurni, P., & Nur, M. (2023). Pengembangan Edu-Game dalam Meningkatkan Kesadaran Mitigasi Bencana untuk Anak Usia Dini. Murhum : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2). https://doi.org/10.37985/murhum.v4i2.352

Seddighi, H., Sajjadi, H., Yousefzadeh, S., López López, M., Vameghi, M., Rafiey, H., Khankeh, H. R., & Garzon Fonseca, M. (2020). Students’ preparedness for disasters in schools: A systematic review protocol. BMJ Paediatrics Open, 4(1). https://doi.org/10.1136/bmjpo-2020-000913

Tatminingsih, S. (2016). Hakikat Anak Usia Dini. Perkembangan Dan Konsep Dasar Pengembangan Anak Usia Dini.

Sularso, Octavianus, & Suryono. (2021). Mitigasi risiko bencana banjir di Manado. Jurnal Spasial, 8(2).




DOI: https://doi.org/10.21831/diklus.v8i1.82970

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Diklus: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Our journal indexed by:

 
 
Creative Commons LicenseDiklus: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah by https://journal.uny.ac.id/index.php/jurnaldiklus is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Diklus Stats