Ilustrasi digital sejarah Madrasah Mu’allimin Muhammadiyah: sebuah penelitian berbasis penciptaan seni
Raden Kuncoro Wulan Dewojati, Universitas Negeri Yogyakarta
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik sejarah Madrasah Mu’allimin Muhammadiyah sebagai objek penciptaan ilustrasi, mengetahui proses kreatif ilustrator Aprilia Muktirina sebagai inspirasi penciptaan ilustrasi, menyusun konsep penciptaan ilustrasi dengan objek sejarah Madrasah Mu’allimin Muhammadiyah, dan melaksanakan visualisasi konsep penciptaan ilustrasi dengan objek sejarah Madrasah Mu’allimin Muhammadiyah. Penelitian ini adalah penelitian Art Based Research yaitu penelitian yang menggunakan metode art practice as research. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dokumentasi, eksplorasi, dan eksperimentasi. Pemeriksaan data penelitian ini dilakukan dengan triangulasi teknik dan triangulasi teori. Hasil penelitian ini menunjukkan karakteristik objek penciptaan ilustrasi meliputi latar belakang, tokoh yang terlibat, dan peristiwa sejarah berdirinya Madrasah Mu’allimin Muhammadiyah. Inspirasi proses kreatif ilustrator Aprilia Muktirina adalah proses penggunaan teknik digital, warna, dan dekorasi. Konsep penciptaan ilustrasi berupa perancangan karya ilustrasi dalam bentuk buku cerita bergambar dan visualisasi dengan menggunakan teknik digital. Visualisasi konsep ilustrasi berupa karya bentuk buku cerita bergambar yang berjudul Sejarah Madrasah Mu’allimin Muhammadiyah. Buku ilustrasi ini berisi tentang sejarah berdirinya Madrasah Mu’allimin Muhammadiyah, cerita keteladanan berupa perjuangan dakwah Islam, dan hikmah pelajaran yang penting untuk pendidikan karakter pada anak jenjang SMP.
Full Text:
PDFReferences
Abdussamad, Z. (2021). Metode Penelitian Kualitatif (P. Rapanna (ed.)). Syakir Media Press.
Anas, A. (2019). Perancangan Ilustrasi Animasi Sejarah Terbentuknya Addatuang Kerajaan Soppeng.
Arviandani, D., & Putra, R. W. (2021). Perancangan Buku Ilustrasi Mengenai “Cara Melindungi Diri dari Bencana Kebakaran” untuk Anak Usia 7-11 Tahun sebagai Media Pembelajaran. PANTAREIa, 5(02), 1–8.
Coemans, S., Wang, Q., Leysen, J., & Hannes, K. (2015). The use of arts-based methods in community-based research with vulnerable populations: Protocol for a scoping review. International Journal of Educational Research, 71, 33–39. https://doi.org/10.1016/j.ijer.2015.02.008
Ghozali, E. (2020). Panduan Mengilustrasi dan Mendesain Cerita Anak untuk Tenaga Profesional. In Kemendikbud.
Gilang, L., Sihombing, R. M., & Sari, N. (2017). Kesesuaian Konteks dan Ilustrasi pada Buku Bergambar untuk Mendidik Karakter Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Karakter, 7(2), 158–169. https://journal.uny.ac.id/index.php/jpka/article/view/15799
Harahap, N. (2020). Penelitian Kualitatif (H. Sazali (ed.); 1 ed.). Wal Ashri.
Hasan, S. H. (2012). Pendidikan Sejarah Untuk Memperkuat Pendidikan Karakter. Paramita: Historical Studies Journal, 22(1), 81–95. https://doi.org/10.15294/paramita.v22i1.1875
Hidayat, A., Cahyadi, D., & Kadir, I. (2021). Perancangan Ilustrasi Biografi Pahlawan Nasional Andi Djemma. Doctoral dissertation, Fakultas Seni dan Desain.
Rahardjo, M. (2010). Triangulasi dalam Penelitian Kualitatif. Roostamaji, A. (2018). Perancangan Buku Ilustrasi “Tarian Wayang Topeng Jatiduwur” dengan Teknik Digital Painting sebagai Upaya untuk Mengenalkan Budaya Jombang.
Salam, S. (2017). Seni Ilustrasi: Esensi - Sang Ilustrator - Lintasan - Penilaian. In Journal of Chemical Information and Modeling (Vol. 53, Nomor 9).
Sidiq, U., & Choiri, M. M. (2019). Metode Penelitian Kualitatif di Bidang Pendidikan. In A. Mujahidin (Ed.), Journal of Chemical Information and Modeling. Nata Karya.
Sunarto, B. (2014). Pengetahuan dan Penalaran dalam Studi Penciptaan Seni. Institutional Respository ISI Surakarta, 1, 1–23.
Wardaya, M., Saidi, A. I., & Murwonugroho, W. (2020). Karakteristik Buku Anak yang Memorable dalam Membangun Karakter Anak. Jurnal Seni dan Reka Rancang: Jurnal Ilmiah Magister Desain, 2(2), 199–206. https://doi.org/10.25105/jsrr.v2i2.8233
Wiratno, T. A. (2018). Seni Lukis Konsep Dan Metode. In INA-Rxiv Papers.
Yudha, I. M. B., & Gulendra, I. W. (2021). Dekonstruksi Perubahan Karakter Kebendaan Imajinasi Kreatif dalam Karya Seni Lukis. Citakara, 1(1), 23–31.
DOI: https://doi.org/10.21831/sungging.v1i2.60124
DOI (PDF): https://doi.org/10.21831/sungging.v1i2.60124.g19287
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023
Jurnal Sungging is published by Fakultas Bahasa, Seni, dan Budaya Universitas Negeri Yogyakarta. It is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. Based on a work at https://journal.uny.ac.id/index.php/sungging
Our Journal has been Indexed by:
Supervised by: