Multimedia pembelajaran prakarya kerajinan serat alam berbasis Website Glide App

Isti Nurrohma, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Martono Martono, Universitas Negeri Yogyakarta

Abstract


Dalam pelaksanaan pembelajaran masih ditemukan faktor media belajar yang kurang mendukung. Karena itu  penelitian bertujuan untuk: (1) mengembangkan materi, (2) mengembangkan multimedia pembelajaran menggunakan Website Glide App untuk mengikuti perkembangan transformasi digital, (3) mendeskripsikan penerapan multimedia Website Glide App. Serta (4) mendeskripsikan kelayakan multimedia Website Glide App. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE. Penelitian dilakukan di SMP Negeri 32 Purworejo. Pengumpulan data dilakukan menggunakan metode observasi dan angket. Hasil penelitian menunjukkan: (1)Materi Prakarya Kerajinan bebasis Website Glide App dikembangkan melalui 5 tahap yaitu a) Analisis; b)Desain; c)Development; d)Impementasi; e)Evaluasi. (2) Multimedia Pembelajaran Website Glide App layak digunakan berdasarkan penilaian dari  a) Ahli materi, b) Ahli media, c) Praktisi Pembelajaran  dengan rata-rata hasil kelayakan adalah 91,53% (Sangat Layak) (3) Hasil penilaian siswa terhadap media pada ujicoba perorangan 88,3% (Sangat Layak), uji coba kelompok kecil 96,1% (Sangat Layak) dan ujicoba lapangan 91,4% (Sangat Layak). Berdasarkan analisis peningkatan hasil pretest dan posttest dengan menggunakan gain score, Media Pembelajaran Website Glide App efektif digunakan.


Keywords


Glide App; Multimedia pembelajaran; Serat Alam, Website Learning

Full Text:

PDF

References


Arsyad, Azhar. 2017 “Media Pembelajaran”. Depok

Daryanto. 2016. Media Pembelajaran. Edisi Revisi: Gava Media.

Hanafi, Nanang. 2009. Konsep Strategi Pembelajaran. Bandung: PT Refika Aditama

Paresti,Suci. 2016. Buku Siswa Prakarya. Jakarta: Kemendikbud Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Permendikbud) nomor 103 tahun 2014 tentang Pedoman Pelaksanaan Pembelajaran Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Permendikbud) nomor 22 Tahun 2016 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah

Rohmah, Annisa. 2017 Belajar dan Pembelajaran. Jurnal Cendekia. STiT Al Fattah

Setiawan, Wawan. 2017. “Era Digital dan Tantangannya”. Jurnal Universitas Pendidikan Indonesia. Seminar Nasional Pendidikan.

Slahaan, Matdio. 2019. “Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Dunia Pendidikan”. Fakultas Ekonomi Universitas Bhayangkara Jakarta Raya: Bekasi Barat.

Solusi Sekolah Digital (SISPENDIK).2022 “Cara Membuat Aplikasi Online Tanpa Perlu Coding ” Diakses pada 17 Desember 2022. https://sispendik.net/cara-mudah-membuat-aplikasionline-tanpa-perlu-coding/

Sugiyono.2019 “Metode Penelitian Pendidikan Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi, R&D dan Penelitian Pendidikan”.Bandung: Alfabeta

Tilaar. 2002 “Membenahi Pendidikan Nasional”. Jakarta: Rineka Cipta. Undang-Undang Nomor 20 Pasal 1 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan




DOI: https://doi.org/10.21831/sungging.v2i2.64382

DOI (PDF): https://doi.org/10.21831/sungging.v2i2.64382.g20863

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 ISTI NUR Nurrohma


Creative Commons License
Jurnal Sungging is published by Fakultas Bahasa, Seni, dan Budaya Universitas Negeri Yogyakarta. It is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. Based on a work at https://journal.uny.ac.id/index.php/sungging

 

Our Journal has been Indexed by: 

 
 

Supervised by: