Illustrated book design on Asmat tribe culture in Papua: Promoting local cultural awareness among children
Zophia Aprilia Veruschka, Sekolah Tinggi Seni Rupa dan Desain Visi Indonesia, Indonesia
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Andari, N. (2022), Efek budaya asing dan iklan mempengaruhi gaya konsumtif terhadap produk kuliner Jepang. Prosiding Semnaskom - Unram.
Budiarto, G. (2022). Indonesia dalam pusaran globalisasi dan pengaruhnya terhadap krisis moral dan karakter. Jurnal Pamator, 13(1). 50–56. 10.21107/pamator.v13i1.6912
Firdhiana, S. & Anggapuspa, M. L. (2021). Perancangan Buku Ilustrasi Mengenal Jajanan Khas Kota Probolinggo sebagai media edukasi anak usia 6–12 tahun. Jurnal Barik, 3(1). 170–180.
Handaya, R. D. (2021). Indigenous people, local belief, and its protection in Indonesia: Case of Asmat tribe belief. Law Research Review Quarterly, 7(3), 257–268. https://doi.org/10.15294/lrrq.v7i3.48163
Kristianto, W. A. (2020). Peran Generasi Penerus Bangsa Dalam Mempertahankan Budaya Bangsa Indonesia (The Role of the Nation's Next Generation in Defending Indonesian Nation's Culture). Jurnal Unmas.
Linggasari, D. (2022). Realitas dibalik indahnya ukiran. Penerbit Kunci Ilmu
Lestari, S. D. (2010). Jelajah budaya Suku Asmat. Multi Kreasi Satudelapan.
Luthfy, R. (2019). Merawat kebudayaan Asmat. [Skripsi, tidak diterbitkan]. Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya.
Mangundjaya, W. L. H. (2020). Pengembangan organisasi: Diagnosis dan intervensi. Jakad Media Publishing.
Marlina, N. (2021). Hubungan minat membaca dengan prestasi belajar mata pelajaran IPS kelas III SD Karanggayam. Literasi: Jurnal Ilmu Pendidikan, 12(1). 1–11. http://dx.doi.org/10.21927/literasi.2021.12(1).1-11
Patiung, D. (2016). Membaca sebagai sumber pengembangan intelektual. Jurnal Al Daulah, 5(2). 352–367.
Pujiastuti, N. (2020). Suku Asmat. Pustaka Tiga Kelana.
Pranata, A. (2020). Perancangan Ilustrasi Cerita Rakyat We Tadampali Untuk Siswa Sekolah Dasar. [Skripsi, tidak diterbitkan]. Universitas Negeri Makassar.
Saman, A.M & Hidayati, D. (2023). Pola asuh orang tua milenial dalam mendidik anak generasi alpha di era transformasi digital. Jurnal Basicedu, 7(1). 984–992. https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i1.4557
Samderubun, G. & Izdiha, A. (2023). Dinamika Kedudukan, PeranDan Status Perempuan Suku Asmat Pendekatan Arena Kultural Pierre Bourdieu. Jurnal Ilmu Administrasi & Sosial, 153- 170.
Setiady, G. V. (2019). Perancangan Buku Ilustrasi Pedoman untuk Ilustrator Buku Cerita Anak. Digilib. [Skripsi, tidak diterbitkan]. Institut Seni Indonesia Yogyakarta.
Sukohedi, A. (2011). Analisa arsitektur tradisional Suku Asmat Kabupaten Merauke Provinsi Papua. Jurnal Median Arsitektur dan Planologi, 1(1). 25–33.
Wijaya, P., et al. (2013). Perancangan buku ilustrasi anak berjudul Kerajaan Fantasi Indonesia bertema gotong royong. Jurnal Desain Komunikasi Visual Adiwarna, 1(2).
Wignyodiputro, F.F., Tanudjaja, B.B. & Salamoon, D.K. (2018). Perancangan Buku Cerita Ilustrasi Tentang ‘Kebiasaan Jorok Anak’ Untuk Usia 3-6 Tahun Dipadukan dengan Teknik Digital Imaging. Petra.
Yasir, M & Susilawati. (2021). Pendidikan karakter pada generasi alpha: Tanggung jawab, disiplin dan kerja keras. Jurnal PKM, 4(3), 309–317.
DOI: https://doi.org/10.21831/sungging.v3i1.73100
DOI (PDF): https://doi.org/10.21831/sungging.v3i1.73100.g22114
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Nofria Doni Fitri, Zophia Aprilia Veruschka
Jurnal Sungging is published by Fakultas Bahasa, Seni, dan Budaya Universitas Negeri Yogyakarta. It is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. Based on a work at https://journal.uny.ac.id/index.php/sungging
Our Journal has been Indexed by:
Supervised by: