Peran Kecakapan 6C dalam Pembelajaran Abad ke-21 untuk Siswa Sekolah Dasar
Abstract
Pembelajaran abad 21 merupakan pembelajaran yang harus disiapkan untuk peserta didik generasi abad 21 agar mampu mengikuti arus perkembangan zaman. Pembelajaran abad 21 memerlukan keterampilan-keterampilan yang mengacu pada konteks kehidupan mengenai suatu masalah, peristiwa, atau kejadian. Keterampilan-keterampilan yang diperlukan ini terdapat pada kecakapan 6C. Istilah 6C terdiri dari Critical Thinking (berpikir kritis), Creativity (kreatif), Collaboration (kolaborasi), Communication (komunikasi), Character (karakter), dan Citizenship (kewarganegaraan). Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji peranan kecakapan 6C dalam pembelajaran abad 21 untuk siswa sekolah dasar. Penelitian ini merupakan penelitian yang menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi literatur (library research). Teknik penelitian yang digunakan adalah dengan teknik analisis deskriptif. Penelusuran artikel penelitian yang dipublikasikan di internet melalui Google Scholar dengan batas waktu penerbitan maksimal 10 tahun (2015-2024). Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran abad 21 dilakukan dengan mengintegrasikan teknologi, pembelajaran berbasis masalah, pembelajaran berbasis proyek, pendidikan karakter, maupun pendidikan kewarganegaraan. Dengan menggunakan metode atau pendekatan tersebut, kecakapan 6C berperan untuk mempersiapkan siswa sekolah dasar dalam menghadapi segala tuntutan dan permasalahan abad 21 sehingga siswa dapat mengembangkan potensinya di dunia kerja dan masyarakat pada masa yang akan datang.
Full Text:
PDFReferences
Amadi, A. S. M. (2022). Pendidikan di Era Global: Persiapan Siswa untuk Menghadapi Dunia yang Semakin Kompetitif. Educatio: Jurnal Ilmu Pendidikan, 17(2), 153–164. https://doi.org/10.29408/edc.v17i2.9439
Awaliah, N. P. (2023). Analisis Pengembangan Keterampilan Komunikasi pada Siswa SD Kelas VI SDIT Al-Madinah Pekanbaru. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 4(2), 480–498.
Fajri, M. (2017). Kemampuan Berpikir Matematis Dalam Konteks Pembelajaran Abad 21 Di Sekolah Dasar. Jurnal LEMMA, 3(1), 1–11. https://doi.org/10.22202/jl.2017.v3i1.1884
Fitria, Y. (2021). Pembelajaran Yang Melejitkan Kecakapan Abad 21 Untuk Level Pendidikan Dasar Di Era 5.0. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan, 1(3), 367–387. Retrieved from http://ejurnal.pps.ung.ac.id/index.php/PSNPD/article/view/1083
Fitriyani, F., & Nugroho, A. T. (2022). Literasi Digital Di Era Pembelajaran Abad 21. Literasi Jurnal Pengabdian Masyarakat Dan Inovasi, 2(1), 307–314. https://doi.org/10.58466/literasi.v2i1.1416
Humaeroh, S., & Dewi, D. A. (2021). Peran Pendidikan Kewarganegaraan di Era Globalisasi Dalam Pembentukan Karakter Siswa. Journal on Education, 3(3), 216–222. https://doi.org/10.31004/joe.v3i3.381
Kasse, F., & Atmojo, I. R. W. (2022). Analisis Kecakapan Abad 21 Melalui Literasi Sains Pada Siswa Sekolah Dasar. Education and Development, 10(1), 124–128. Retrieved from https://journal.ipts.ac.id/index.php/ED/article/view/3322/2168
Magdalena, I., Hasna Aj, A., Auliya, D., & Ariani, R. (2020). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas Vi Dalam Pembelajaran Ipa Di Sdn Cipete 2. PENSA : Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 2(1), 153–162. Retrieved from https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/pensa
Mardhiyah, R., Aldriani, S., Chitta, F., & Zulfikar, M. (2021). Pentingnya Keterampilan Belajar di Abad 21 sebagai Tuntutan dalam Pengembangan Sumber Daya Manusia. Lectura: Jurnal Pendidikan, 12(1), 29–40.
Mulyono, B. (2017). Reorientasi civic disposition dalam kurikulum Pendidikan Kewarganegaraan sebagai upaya membentuk warga negara yang ideal. Jurnal Civics: Media Kajian Kewarganegaraan, 14(2), 218–225. https://doi.org/10.21831/civics.v14i2.17007
Muqodas, I. (2015). Mengembangkan Kreativitas Siswa Sekolah Dasar. Metodik Didaktik: Jurnal Pendidikan Ke-SD-An, 9(2), 25–33. Retrieved from https://ejournal.upi.edu/index.php/MetodikDidaktik/article/viewFile/3250/2264
Mutmainah, S. U., Permata, A. D., Kultsum, U. W., & Prihantini. (2022). Implementasi Pendekatan Saintifik Dalam Mengembangkan Kompetensi Abad 21 Siswa Sekolah Dasar. (J-PSH) Jurnal Pendidikan Sosiologi Dan Humaniora, 13(2), 443–453.
Nugraha, C., Arsanti, M., & Hasanudin, C. (2023). Pentingnya Pendidikan Karakter di Era Digital Untuk Masa Depan Siswa Sekolah Dasar. Prosiding Seminar Nasional, 364–367.
Purba, N., Yahya, M., & Nurbaiti. (2021). Revolusi Industri 4.0 : Peran Teknologi Dalam Eksistensi Penguasaan Bisnis Dan Implementasinya. Jurnal Perilaku Dan Strategi Bisnis, 9(2), 91–98.
Rochmah, E. N. (2023). Learning Environments as STEAM Support to Sharpen Elementary School Students’ 21st Century Skills. DIDAKTIKA: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 6(1), 61–70.
Sunbanu, H. F., Mawardi, M., & Wardani, K. W. (2019). Peningkatan Keterampilan Kolaborasi Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Two Stay Two Stray Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 3(4), 2037–2041. https://doi.org/10.31004/basicedu.v3i4.260
Sutrisno. (2023). Pendidikan Kewarganegaraan Berwawasan Global Untuk Penanaman Kecakapan Belajar Dan Berinovasi Warga Negara Abad Ke-21. Jurnal Dimensi Pendidikan Dan Pembelajaran, 11(1), 47–66.
Syarifah, S. (2023). Penerapan Pendidikan Karakter Pada Siswa Sekolah Dasar. Penerapan Pendidikan Karakter Pada Siswa Sekolah Dasar, 3(4), 2829–9078. Retrieved from http://studentjournal.iaincurup.ac.id/index.php/guau
Utari, D., & Muadin, A. (2023). Peranan Pembelajaran Abad-21 Di Sekolah Dasar Dalam Mencapai Target Dan Tujuan Kurikulum Merdeka. Jurnal Pendidikan Islam Al-Ilmi, 6(1), 116–123. https://doi.org/10.32529/al-ilmi.v6i1.2493
Wijaya, E. Y., Sudjimat, D. A., & Nyoto, A. (2016). Transformasi Pendidikan Abad 21 Sebagai Tuntutan. Jurnal Pendidikan, 1, 263–278. Retrieved from http://repository.unikama.ac.id/840/32/263-278
DOI: https://doi.org/10.21831/didaktika.v7i2.80220
DOI (PDF): https://doi.org/10.21831/didaktika.v7i2.80220.g22723
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Mei Lina Astuti
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
DIDAKTIKA has been abstracted and indexed by