Penerapan Pembelajaran Kelas Rangkap (Multigrade Teaching) di Sanggar Bimbingan Malaysia

Deany Yasir Wirya, Sekolah Indonesia Kuala Lumpur, Malaysia, Malaysia
Budi Purwoko, Universitas Negeri Surabaya, Indonesia, Indonesia
Neni Mariana, Universitas Negeri Surabaya, Indonesia, Indonesia
Amrozi Khamidi, Universitas Negeri Surabaya, Indonesia, Indonesia
Ima Wadinah, Universitas Negeri Surabaya, Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi penerapan pembelajaran kelas rangkap di Sanggar Bimbingan Malaysia, sebagai salah satu bentuk pendidikan nonformal yang berfungsi mengatasi keterbatasan tenaga pengajar. Metode yang digunakan adalah studi literatur, dengan sumber data berupa artikel jurnal terakreditasi SINTA yang relevan dengan kata kunci ‘pembelajaran kelas rangkap’ dan ‘sanggar bimbingan,’ yang diterbitkan dalam rentang waktu 2020-2024. Analisis dilakukan secara deskriptif kualitatif untuk mengidentifikasi pola, perbedaan, dan persamaan dalam temuan penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran kelas rangkap memberikan solusi efektif terhadap keterbatasan sumber daya pendidikan, meningkatkan hasil belajar siswa, dan mendukung pembelajaran yang inklusif melalui pendekatan tematik terpadu dan media pembelajaran inovatif. Namun, tantangan seperti kebutuhan pengelolaan waktu, keberagaman siswa, serta keterbatasan pelatihan guru masih menjadi kendala signifikan. Kesimpulan utama menunjukkan bahwa efektivitas pembelajaran kelas rangkap dapat ditingkatkan melalui pelatihan intensif bagi guru, pengembangan media pembelajaran kreatif, dan pemberdayaan guru melalui program mentoring. Sebagai rekomendasi, kolaborasi antara institusi pendidikan dan komunitas lokal perlu diperkuat.


Keywords


pembelajaran kelas rangkap; sanggar bimbingan; pendidikan non-formal

Full Text:

PDF

References


Adam, A. (2022). Pembelajaran Kelas Rangkap (Multigrade Teaching) di Sekolah Dasar. CV. AA Rizky Banten.

Ahmad & Muslimah. (2021). Memahami Teknik Pengolahan dan Analisis Data Kualitatif. Proceedings of National Conference on Islamic Economics and Social Studies, 1(1), 173–186. https://e-proceedings.iain-palangkaraya.ac.id/index.php/PICIS/article/view/605

Anand, R., & Gupta, N. (2023). Impact of Online Learning on Student Engagement and Academic Performance. Praxis International Journal of Social Science and Literature, 6(7), 29–40. https://doi.org/10.51879/pijssl/060703

Antika, S., Syamsuyurnita, Saragih, M., & Sari, S. P. (2023). Penggunaan Media Pembelajaran Leaflet Berbasis Culture Responsif Teaching Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa Kelas 2 Sanggar Bimbingan Kampung Bharu Malaysia. INNOVATIVE: Journal of Social Science Research, 3(3), 9945-9956. http://j-innovative.org/index.php/Innovative/article/view/2913

Astutik, D. R. P., & Supratno, H. (2024). Implementasi Nilai-Nilai Pendidikan Agama Islam dalam Membentuk Karakter Siswa di Sanggar Bimbingan Sungai Mulia 5 Malaysia. At-Tajdid Jurnal Pendidikan dan Pemikiran Islam, 8(1), 238–254. http://dx.doi.org/10.24127/att.v8i1.3344

Hidayat, R. (2018). Dampak Implementasi Pendekatan Pembelajaran Kelas Rangkap Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas Ii Dan Iii Di Sd Negeri Gari Ii Wonosari. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar Edisi, 36, 3550–3560.

Idel, M., Rustan, E., & Hisbullah. (2024). Penerapan Model Pembelajaran Kelas Rangkap (PKR) Sebagai Upaya Pemenuhan Guru di SDN 068 Manganan Kecamatan Rongkong. Socratika: Journal of Progressive Education and Social Inquiry, 1(1), 63–72. https://doi.org/10.58230/socratika.v1i1.69

Karaçoban, F., & Karakuş, M. (2022). Evaluation of the Curriculum of the Teaching in the Multigrade Classrooms Course: Participatory Evaluation Approach. Pegem Egitim ve Ogretim Dergisi, 12(1), 84–99. https://doi.org/10.47750/pegegog.12.01.09

Karina, M., Judijanto, L., Rukmini, A., & Fauzi, M. S. (2024). Pengaruh Interaksi Sosial Terhadap Prestasi Akademik: Tinjauan Literatur Pada Pembelajaran Kolaboratif. INNOVATIVE: Journal of Social Science Research, 4(5), 6334-6344. https://j-innovative.org/index.php/Innovative/article/view/15351

Kintamani DH, I. (2012). Kinerja Pendidikan Kesetaraan sebagai Salah Satu Jenis Pendidikan Nonformal. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 18(1), 65–84. https://doi.org/10.24832/jpnk.v18i1.70

Kristanto, A. (2016). Media Pembelajaran. Bintang Sutabaya.

Maharani, D., Mahardhani, A., Cahyono, H., Hudijono, S., Subangun, S., Asiyah, S., Indriastuti, N., Mustikawati, D., & Ruhardi, R. (2024). Media Pembelajaran Monopoli Kebhinekaan Sebagai Penguatan Nasionalisme di Sanggar Bimbingan Sentul Malaysia. Dharma Sevanam: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(1), 10–19. https://doi.org/10.53977/sjpkm.v3i1.1357

Mahardhani, A. J., Sutrisno, S., Rusdiani, N. I., Cahyono, H., Asmaroini, A. P., Kristiana, D., & Ayuningtyas, E. D. P. (2023). Pembelajaran Lintas Budaya Melalui Aktivitas Mengajar pada Sanggar Bimbingan Non Formal di Malaysia. Dharma Sevanam: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1), 58–67. https://doi.org/10.53977/sjpkm.v2i1.956

Mashar, S. A., Suhartono, S., & Budiono, B. (2021). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kejadian Stunting pada Anak: Studi Literatur. Jurnal Serambi Engineering, 6(3), 2076–2084. https://doi.org/10.32672/jse.v6i3.3119

Mawi, T., Larasati, L. I., & Milarisa, S. (2023). Penguatan Budaya Menjaga dan Merawat Lingkungan di Sanggar Bimbingan Sungai Buloh, Malaysia. SELAPARANG: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 7(2), 1054. https://doi.org/10.31764/jpmb.v7i2.15173

Maynopas, J. M., & Escote, M. J. (2024). Multigrade Elementary School Teachers: Best Practices in Teaching IP Students. Psychology and Education: A Multidisciplinary Journal, 20(5), 610–620. https://doi.org/10.5281/zenodo.11481113

Pranata, A. (2024). Evaluasi Instrumen Tes Non Kognitif pada Pembelajaran Kelas Rangkap di Pendidikan Dasar. Jurnal Pendidikan : Riset dan Konseptual, 8(2), 323-330. https://doi.org/10.28926/riset_konseptual.v8i2.999

Takdir, L. (2020). Studi Implementasi Pembelajaran Kelas Rangkap di Daerah Terpencil. Diadik: Jurnal Ilmiah Teknologi Pendidikan, 10(2), 186–197. https://doi.org/10.33369/diadik.v10i2.18279

Utami, R. D., Minsih, M., Prayitno, H. J., Pristi, E. D., Lestari, R. Y. A., Handayani, D., Tristiana, V., Yoviyanti, R., Afif, K., & Shohenuddin, S. (2023). Pemberdayaan Guru dan Fasilitator dalam Pembelajaran Kelas Rangkap pada Sanggar Belajar Malaysia Berpendekatan Profil Pelajar Pancasila. Buletin KKN Pendidikan, 5(1), 96–106. https://doi.org/10.23917/bkkndik.v5i1.22889

Wijaksono, A., Suroya, A., Septafi, G. (2024). Implementasi Pembelajaran Kelas Rangkap dalam Meningkatkan Prestasi Siswa di Sekolah Dasar. Consilium: Education and Counseling Journal, 4(1), 60-68. https://doi.org/10.36841/consilium.v4i1.4154

Wokabelola, F. I., & Sutikno, P. Y. (2021). Dampak Minat Belajar Siswa dalam Pembelajaran Kelas Rangkap. Journal Kependidikan Dasar, 12(1), 240–244. https://doi.org/10.15294/kreatif.v12i1.33129




DOI: https://doi.org/10.21831/ep.v5i2.79148

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Deany Yasir Wirya, Budi Purwoko, Neni Mariana, Amrozi Khamidi, Ima Widiyanah

Flag Counter

View My Stats Epistema