Meningkatkan Profesionalisme Guru melalui Partisipasi Aktif di Seminar Menggunakan Modul Speaking Academically pada Workshop Academic Speaking bagi Guru SMP di kabupaten Sleman, Yogyakarta
Nury Supriyanti, Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Suharso Suharso, Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Yogyakarta
Abstract
Artikel in melaporkan kegiatan program Pengabdian pada Masyarakat (PPM) yang bertujuan untuk 1) memberi workshop yang melatikan kemampuan academic speaking para guru bahasa Inggris SMP 2) dan karenanya meningkatkan partisipasi guru dalam seminar baik nasional maupun internasional. Diharapkan dengan berpartisipasi dalam forum ilmiah, para guru tidak hanya dapat bertukar informasi dan inovasi dengan rekan pendidik tetapi juga berkesempatan untuk senantiasa memperbaharui kompetensinya dengan mengikuti perkembangan ilmu dalam dunia pengajaran bahasa Inggris yang dipresentasikan pada seminar baik di Indonesia maupun dunia. Peserta dalam kegiatan PPM ini adalah guru-guru bahasa Inggris SMP yang tergabung dalam MGMP Kabupaten Sleman DIY. PPM ini telah dilaksanakan pada 15 - 16 Agustus 2016 di FBS UNY.
Metode yang diterapkan guna mencapai tujuan tersebut di atas adalah melalui workshop yang dilakukan dalam dua tahap yang menggunakan modul Speaking Academically sebagai sumber referensi. Modul Speaking Academically merupakan produk penelitian berbiaya DIPA FBS UNY yang telah terujicoba. Workshop yang dilakukan menggunakan langkah-langkah berupa presentation, practice dan production (PPP) atau presentasi, praktek dan produksi (simulasi). Pada langkah presentation, narasumber memberi pemodelan dan strategi penulisan karya ilmiah serta mendemonstrasikan bagaimana mempresentasikan karya ilmiah, menjadi moderator dan bertanya dalam suatu diskusi. Pada langkah practice, peserta berlatih secara berkelompok dengan dipandung oleh tutor dan narasumber. Pada langkah production, peserta memproduksi kemampuan yang telah diajarkan dengan melakukan simulasi berkelompok dan mini seminar. Langkah-langkah tersebut dilakukan selama dua tahapan workshop yang berlangsung selama dua hari. Pada workshop hari pertama peserta dilatih tentang teknik dan format penulisan karya ilmiah yang bertujuan membantu peserta memfinalisasi draft karya ilmiah yang telah dipersiapkannya untuk dipresentasikan pada tahap selanjutnya. Pada workshop hari kedua, peserta memasuki tahap kedua dimana peserta dilatih untuk mempresentasikan karya ilmiahnya dan mempraktikkan peran baik sebagai penyaji makalah, moderator maupun peserta dalam seminar. Kegiatan workshop diakhiri dengan evaluasi pelaksanaan PPM dimana peserta mengisi angket evaluasi dan juga menyampaikan kesan dan saran kepada narasumber secara langsung.
Analisa hasil angket evaluasi menunjukkan bahwa kegiatan PPM ini dipandang guru sangat bermanfaat karena telah dapat meningkatkan ketrampilan guru dalam academic speaking dan karenanya perlu terus dilanjutkan. Selain itu, para guru mengaku menjadi lebih termotivasi untuk selalu meningkatkan profesionalisme mereka dengan berpartisipasi aktif dalam seminar.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Anderson, K., Maclean, J., & Lynch, T. (2004). Study speaking. (2nd.Ed.). UK: CUP.
Ek, J.A. van., & Trim, J.L.M. (1991). Threshold 1990. UK: CUP
Comfort, J. (1995). Effective presentations. Oxford: Oxford University Press.
Harmer, J. (2007). The practice of English language teaching. England: Pearson Edu Ltd.
Hutchinson,T. & Waters, A. (1987). English for specific purposes. A learning-centered approach. Australia: CUP
Lee, I. (2011). Teachers as presenters at continuing professional development seminars in the English-as-a-foreign-language-context: ‘I find it more convincing’. Australian Journal of Teacher Education, 36(2), 29-42.
Richards, J. (2015). Key Issues in Language Teaching. UK: CUP.
THair, M. & Treagust, D.F. (2003). A brief history of science teacher professional development initiatives in Indonesia and the implication for centralized teacher development. International Journal of Educational Development.
Undang-Undang Guru dan DOsen No. 14/Tahun 2005.
Wallace, M. J. (1980). Study skills in English. Cambridge: Cambridge University Press.
DOI: https://doi.org/10.21831/ino.v21i1.13474
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2017 INOTEK