PENGEMBANGAN BANK SOAL DI SLTP DAN SMU PROPINSI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA
Bambang Subali, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Suharsimi Arikunto, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Pujiati Suyata, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Abstract
Tujuan utama program penerapan IPTEKS ini adalah untuk melatih para guru agar memiliki kemampuan menyusun butirbutir soal yang memenuhi persyaratan untuk dimasukkan ke dalam bank soal,
Khalayak sasaran adalah para guru SLTP dan SMU di Propinsi Daerah Istimewa Yogyakarta yang diizinkan oleh Kanwil Depdikbud setempat untuk mengikuti kegiatan ini. Metode yang digunakan meliputi kegiatan ceramah, pelatihan praktek terbimbing/tutorial, dan kerja mandiri.
Soal yang disusun dalam pelatihan pengembangan bank soal ini adalah untuk seluruh mata pelajaran yang diebtanaskan yang diajarkan di kelas III cawu-L Hasil pelatihan menunjukkan bahwa para guru benar-benar dapat ditingkatkan kemampuannya dalam menyusun kisi-kisi, menyusun dan menyunting butir soal, merakit soal, menganalisis butir soal menggunakan program ASCAL dan dimasukkan ke dalam bank soal, menganalisis butir soal menggunakan program lTEMAN dan menginterpretasikan hasilnya untuk mengetahui kekuatan distraktor rnasing-masing butir soa1. Setelah soal dari setiap mata pelajaran diujikan pada500 testi, hasilnya menunjukkan bahwa presentasi butir soal yang tidak memenuhi persyaratan untuk dimasukkan ke dalam bank soal berkisar 12% sampai 45%. Hasil pemantauan di sekolah menunjukkan bahwa pengalaman yang diperoleh para petatar benar-benar ditularkan kepada guru lain di sekolahnya masing-masing di antaranya ada yang melalui kegiatan Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP).
Kata kunci: Bank Soal- Menulis Butir
Khalayak sasaran adalah para guru SLTP dan SMU di Propinsi Daerah Istimewa Yogyakarta yang diizinkan oleh Kanwil Depdikbud setempat untuk mengikuti kegiatan ini. Metode yang digunakan meliputi kegiatan ceramah, pelatihan praktek terbimbing/tutorial, dan kerja mandiri.
Soal yang disusun dalam pelatihan pengembangan bank soal ini adalah untuk seluruh mata pelajaran yang diebtanaskan yang diajarkan di kelas III cawu-L Hasil pelatihan menunjukkan bahwa para guru benar-benar dapat ditingkatkan kemampuannya dalam menyusun kisi-kisi, menyusun dan menyunting butir soal, merakit soal, menganalisis butir soal menggunakan program ASCAL dan dimasukkan ke dalam bank soal, menganalisis butir soal menggunakan program lTEMAN dan menginterpretasikan hasilnya untuk mengetahui kekuatan distraktor rnasing-masing butir soa1. Setelah soal dari setiap mata pelajaran diujikan pada500 testi, hasilnya menunjukkan bahwa presentasi butir soal yang tidak memenuhi persyaratan untuk dimasukkan ke dalam bank soal berkisar 12% sampai 45%. Hasil pemantauan di sekolah menunjukkan bahwa pengalaman yang diperoleh para petatar benar-benar ditularkan kepada guru lain di sekolahnya masing-masing di antaranya ada yang melalui kegiatan Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP).
Kata kunci: Bank Soal- Menulis Butir
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.21831/ino.v1i2.5112
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c)