PENGARUH AKTIVITAS MENANYA BERBASIS MASALAH DENGAN METODE SAINTIFIK TERHADAP PROSES KOGNITIF SISWA

I Wayan Widiana, , Indonesia
I Made Suarjana, , Indonesia
Ni Luh Putu Nila Cahyani, Universitas Pendidikan Ganesha, Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untukmelihat pengaruh aktivitas pembelajaranmenanya berbasis masalah dengan pendekatan saintifik terhadap kognitif siswa kelas IV sekolah dasar (SD). Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen dengan rancangan posttest only control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas IV SD di sekolah Rintisan Kurikulum 2013 di Kabupaten Buleleng Tahun Pelajaran 2016/2017. Total populasi berjumlah 353 orang yang terbagi menjadi 11 kelas di antaranya terdapat kelas pararel. Sampel diambil dengan menggunakan teknik simple random sampling menghasilkan 73 siswa yang kemudian terbagi menjadi dua kelas. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah tes esai yang sudah divalidasi secara konten dan empirik. Sebelum data dianalisa menggunakan T-test, data juga diuji menggunakan uji normalitas distribusi data terhadap keseluruhan unit analisis, dan ujihomogenitas varian antarkelompok. Hasil penelitian menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan dimensi proses kognitif antara kelompok siswa yang diberikan aktivitas pembelajaran menanya berbasis masalah. dalam pendekatan saintifik dengan kelompok siswa yang diberikan aktivitas pembelajaran konvensional. Dapat disimpulkan bahwa aktivitas pembelajaran menanya berbasis masalah dalam pendekatan saintifik dapat meningkatkan kognitif siswa IV SD.

OPTIMIZATION OF DIMENSIONS OF COGNITIVE PROCESS IN THEMATIC LEARNING BASED ON PROBLEM

This study aimed to find out the effect of problem-based learning activities using scientific approach on the students' cognitive skill. This research was a quasi-experimental study with a posttest only control group design. The population in this study was the fourth grade elementary school in the 2013 in Pilot Elementary School in Buleleng year 2016/2017. From 353 total population, the sample was taken using simple random sampling technique which resulted in 73 students who were then divided into two classes. The data collection method used was content and empirical validated essay test. Before the data were analyzed using the T-test, the data were also tested using the data distribution normality test for the entire unit of analysis, and the homogeneity test of the variance between groups. There were significant differences in the dimensions of cognitive processes between groups of students who were given problem-based questioning learning activities in a scientific approach and the groups of students who are given conventional learning activities. The results show that the problem-based learning activity of asking questions in a scientific approach is able to improve the cognitive of the fourth grade students.


Keywords


dimensi proses kognitif, menanya, pembelajaran tematik berbasis masalah

Full Text:

PDF

References


Ambarsari, D. (2016). Implementasi pendekatan saintifik untuk meningkat-kan keterampilan mengomunikasikan dan prestasi belajar IPA siswa kelas IV SD. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 5(12), 112-121. Diunduh dari http://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/pgsd/article/view/1781.

Andriani, L. L., Suarjana, I. M., & Lestari, L. P. S. (2017). Pengaruh model pembelajaran think pair share berbasis budaya masyarakat lokal terhadap hasil belajar Pkn siswa. Mimbar PGSD, 021(3). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jjpgsd.v5i2.10624.

Anjarsari, E. (2019). Faktor permasalahan pendekatan saintifik 5M dalam pembelajaran Matematika di SMA. Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika, 1(1), 12-20. https://doi.org/10.30736/vj.v1i1.88.

Arianti. (2017). Urgensi lingkungan belajar yang kondusif dalam mendorong siswa belajar aktif. Didaktika Jurnal Kependidikan, 11(1), 41-62. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30863/didaktika.v11i1.161.

Astini, B. N., Nurhasanah, & Nupus, H. (2019). Alat permainan edukatif berbasis lingkungan untuk pem-belajaran saintifik tema lingkungan bagi guru paud korban gempa. Jurnal Pendidikan Anak, 8(1), 1-6.

Astraman, K. A., Dibia, I. K., & Mahadewi, L. P. P. (2017). Pengaruh model Problem-based Learning (PbL) bermediakan gambar terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V. Mimbar PGSD, 5(2).

Birgili, B. (2015). Creative and critical thinking skills in problem-based learning environments. Journal of Gifted Education and Creativity, 2(2), 71-71. https://doi.org/10.18200/jgedc.2015214253.

In’am, A., & Hajar, S. (2017). Learning geometry through discovery learn-ing using a scientific approach. International Journal of Instruction, 10(1), 55-70.

Jahro, S., & Ridho, D. (2015). Penerapan model problem based learning menggunakan media exe learning untuk meningkatkan hasil belajar dan kerjasama siswa pada materi hidrokarbon. Jurnal Pendidikan Kimia, 7(3), 80-86. https://doi.org/https://doi.org/10.24114/jpkim.v7i3.4261.

Kimianti, F., & Prasetyo, Z. K. (2019). Pengembangan e-modul IPA berbasis problem based learning untuk meningkatkan literasi sains siswa. Kwangsan, 7(2), 295728. https://doi.org/https://doi.org/10.31800/jtp.kw.v7n2.p91--103.

Lukitasari, M., Purnamasari, I., Utami, S., & Sukri, A. (2019). Blended-problem-based learning: How its impact on students’ critical thinking skills? Jurnal Pendidikan Biologi Indonesia, 5(3), 425-434. https://doi.org/https://doi.org/10.22219/jpbi.v5i3.10048.

Mulyani, D. (2013). Hubungan kesiapan belajar siswa dengan prestasi belajar. Konselor, 2(1), 27-31. https://doi.org/10.24036/0201321729-0-00.

Nur, S., Pujiastuti, I. P., & Rahman, S. R. (2016). Efektivitas model problem based learning (PbL) terhadap hasil belajar mahasiswa Prodi Pendidikan Biologi Universitas Sulawesi Barat. Saintifik, 2(2), 133-141. https://doi.org/https://doi.org/10.31605/saintifik.v2i2.105.

Paut, M. S. (2016). Penerapan pendekatan saintifik pada siswa kelas IV di SD Pujokusuman 1 Yogyakarta. BASIC EDUCATION, 5(6), 511-517. Diunduh dari http://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/pgsd/article/view/1238.

Pramana, M. W. A., Jampel, I. N., & Pudjawan, K. (2020). Meningkatkan hasil belajar biologi melalui e-modul berbasis problem based learning. Jurnal Edutech Undiksha, 8(2), 18-32. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/jeu.v8i2.28921.

Primayanti, P. E., Suarjana, I. M., & Astawan, I. G. (2019). Pengaruh model PbL bermuatan kearifan lokal terhadap sikap sosial dan kemampuan berpikir kritis matematika siswa kelas V di Gugus V Kecamatan Sukasada. Journal of Education Technology Universitas Pendidikan Ganesha, 3(1), 28-34. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/tscj.v1i2.20417.

Putri, Swatra, & Tegeh. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran PBL Berbantuan Media Gambar Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas III SD. Jurnal Mimbar Ilmu, 23(1), 53–64. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.23887/mi.v23i1.16407

Rosnaeni, Muslimin, & Saehana, S. (2018). Perbandingan keterampilan proses sains antara kelompok siswa yang diajar dengan model POE (Predict-Observe-Explain) dan model discovery pada siswa kelas X SMA Negeri 1 Sindue Tombusabora. Jurnal Pendidikan Fisika, 6(1), 43-53. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.24127/jpf.v6i1.1260.

Suryani, N. K., Renda, N. T., & Wibawa, I. M. C. (2019). Pengaruh pendekatan saintifik berorientasi tri kaya parisudha terhadap penguasaan konsep IPA dan keterampilan proses sains siswa kelas V SD di Gugus VII Kecamatan Sukasada Kabupaten Buleleng Tahun Pelajaran 2018/2019. Journal of Education Technology, 3(1), 35-43. https://doi.org/10.23887/jet.v3i1.17962.

Sutarto, Jaedun, A., & Raharjo, N. E. (2017). Dampak pengiring pembelajaran pendekatan saintifik untuk pengem-bangan sikap spiritual dan sosial siswa. Cakrawala Pendidikan, 36(1), 44–56. Diunduh dari https://journal.uny.ac.id/index.php/cp/article/view/12792/pdf.

Widnyani, I. I. D. A. R., Dantes, N., & Tegeh, I. M. (2015). Pengaruh pendekatan saintifik terhadap sikap spiritual siswa dengan kovariabel intensitas hubungan dalam pola asuh keluarga. MIMBAR PGSD, 3(1). Diunduh dari https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPGSD/article/viewFile/5635/4105.

Widodo, W. (2016). Wujud kenyamanan belajar siswa, pembelajaran me-nyenangkan, dan pembelajaran bermakna di sekolah dasar. Ar-Risalah, 18(2), 22-37. Diunduh dari http://ejournal.iaiibrahimy.ac.id/index.php/arrisalah/article/view/123/137.

Wulandari, I. G. A. A. M., Sudatha, I. G. W., & Simamora, A. H. (2020). Pengembangan pembelajaran blended pada Mata Kuliah Ahara Yoga Semester II di IHDN Denpasar. Jurnal Edutech Undiksha, 8(1), 1-15.




DOI: https://doi.org/10.21831/jk.v4i2.14441

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 JURNAL KEPENDIDIKAN

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

p-ISSN: 2580-5525 || e-ISSN: 2580-5533

Indexed by:

          


Flag Counter

View My StatsCreative Commons License

Jurnal Kependidikan by http://journal.uny.ac.id/index.php/jk is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View Journal Stats