REAL LIFE VIDEO EVALUATION DENGAN SISTEM E-LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS MAHASISWA

Pramudya Dwi Aristya Putra, FKIP Universitas Jember, Indonesia
Sudarti Sudarti, FKIP Universitas Jember

Abstract


Penelitian bertujuan untuk mengembangkan media real life video evaluation dengan sisteme-learning untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis mahasiswa fi sika. Penelitian merupakanpengembangan (Research and Development) dengan metode Analysis, Design, Development,Implimentation and evaluastion (ADDIE). Indikator keterampilan berpikir kritis mahasiswa mencakupinterpretasi, analisis, evaluasi dan inferensi. Validasi ahli dilakukan dengan uji expert terkait dengantampilan, konteks dan aspek media tersebut. Sedangkan implentasi diberikan kepada 45 mahasiswaPendidikan Fisika FKIP Universitas Jember yang mengikuti Mata Kuliah Fisika Sekolah I. Instrumenyang digunakan adalah lembar dokumentasi, penilaian digital literasi, lembar validasi, lembarobservasi, pre-test dan post test. Hasil yang didapatkan adalah media yang dikembangkan dalamkatagori baik sehingga cukup efektif dalam meningkatkan keterampilan berpikir krtitis mahasiswafi sika.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/jk.v45i1.7187

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c)



p-ISSN: 2580-5525 || e-ISSN: 2580-5533

Indexed by:

          


Flag Counter

View My StatsCreative Commons License

Jurnal Kependidikan by http://journal.uny.ac.id/index.php/jk is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View Journal Stats