ANALISIS KUALITAS BSE DAN NON-BSE SAINS SD DENGAN SISTEM PENILAIAN BUKU TEKS SAINS
Zuhdan Kun Prasetyo, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perbandingan kualitas Buku Sekolah Elektronik (BSE) dengan non-BSE mata pelajaran sains untuk sekolah dasar. Subjek dalam penelitian ini adalah empat buah BSE sains SD, dan empat buah buku sains SD non-BSE. Instrumen dikembangkan dengan merujuk pada Science Textbook Rating System yang dibuat oleh Collette & Chiapetta, dan grafik keterbacaan Fry. Analisis data yang dilakukan dalam penelitian ini menggunakan fasilitas program SPSS 17.0 for Windows, untuk menguji apakah terdapat perbedaan kualitas antara buku sains BSE dan non-BSE untuk sekolah dasar. Hasil penelitian menunjukkan hasil uji-t sebesar 0,564 dengan t-tabel sebesar 2,00 pada taraf signifikansi 5%. Berdasarkan nilai tersebut, disimpulkan bahwa hipotesis awal dapat diterima. Hasil dari penelitian ini menyimpulkan bahwa tidak ada perbedaan kualitas antara buku sains BSE dan non-BSE untuk sekolah dasar.
Kata Kunci: kualitas, BSE, non-BSE, buku teks
AN ANALYSIS OF THE QUALITY OF BSE AND NON-BSE SCIENCE TEXTBOOKS FOR ELEMENTARY SCHOOLS WITH SCIENCE TEXTBOOKS ASSESSMENT SYSTEM
Abstract
This study aims to describe the comparison of the quality of Buku Sekolah Elektronik (BSE) with non-BSE science textbooks for elementary schools. The subjects of this study were four BSE science textbooks for elementary schools, and and four non-BSE science textbooks for elementary schools. The instruments used in this study consisted of a questionnaire compiled by the researcher with reference to the Science Textbook Rating System made by Collette & Chiapettas, and Fry’s readability graph. The data were analysed using SPSS 17.0 for Windows, to know if there is any difference of quality between BSE and non-BSE science textbooks for elementary schools. The Technique of independent samples t-test shows the value of the T-test is 0.564 with t-table being 2.00 and the significance level of 5%. Based on that value, it can be concluded that the hypothesis is accepted. Therefore this study concludes that there is no difference in quality between the BSE and non-BSE science textbooks for elementary schools.
Keywords: quality, BSE, non-BSE, textbooksKeywords
Full Text:
PDFReferences
Collette, A. T. & Chiappetta, E. L. (1994). Science instruction in the middle and secondary schools. New York: Macmillan.
Dananjaya, Utomo. (2012). Salah konsep buku teks. Diakses tanggal 21 Oktober 2012 dari http:indoneisabuku.com
Depdiknas. (2005). Peraturan Menteri Pendidikan Nasional R1 Nomor 11, Tahun 2005, tentang Buku Teks Pelajaran. Jakarta: Depdiknas
Fernandez, Daniel dkk. (2011). Survei penggunaan buku teks dari penerbit swasta non-BSE. Universitas Muhammadyah Prof. Dr. Hamka
Hasan, Ansary & Esmat Babaii. (2002). Universal characteristics of EFL/ESL textbooks: A step towards systematic textbook evaluation. The Internet TESL Journal, Vol. VIII, No. 2, February 2002.
Lestari, Ika. (2013). Pengembangan bahan ajar berbasis kompetensi. Jakarta: Akademia Permata.
Musaddat, Syaiful. (2013). Pendidikan bahasa dan sastra Indonesia kelas tinggi. Mataram: Cerdas.
Wibowo, Agus Mukti. (2012). Peningkatan pemahaman konsep sains di madrasah ibtidaiyah melalui perbaikan bahan ajar. Jurnal UIN Maliki Malang Vol.4 No. 2.
DOI: https://doi.org/10.21831/jpe.v3i2.6459
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c)
Jurnal Prima Edukasia indexed by:
All rights reserved p-ISSN: 2338-4743 |e-ISSN: 2460-9927
Jurnal Prima Edukasia by http://journal.uny.ac.id/index.php/jpe/index is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. |
View Prima Edukasia Journal Stats |