PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENGUKUR HASIL BELAJAR NIRBIAS DAN TERSKALA BAKU
Badrun Kartowagiran,
Abstract
Penelitian hibah ini bertujuan untuk mengembangkan instrumen pengukur hasil belajar yang nirbias dan terskala baku yang digunakan dalam beberapa mata pelajaran di SMA dan atau SMP. Jenis penelitian ini adalah research and development (R&D) yang dilakukan selama dua tahun. Hasil penelitian tahun pertama dihasilkan draf instrumen pengukur hasil belajar yang nirbias dan terskala baku. Tahun kedua, diseminasi draf instru-men pengukur hasil belajar yang dihasilkan tahun pertama ke beberapa guru Matematika SMA dan SMP di Provinsi DIY dan Jawa Tengah. Setelah direvisi, instrumen disosialisasikan ke be-berapa guru Matematika SMA dan SMP di Provinsi DIY, Jawa Tengah dan NTB.
Kata kunci: instrumen yang nirbias dan terskala baku
______________________________________________________________
DEVELOPING UNBIASED AND STANDARDIZED INSTRUMENTS FOR STUDENT ACHIEVEMENTS IN HIGHSCHOOLS
Abstract The purpose of this research is to develop unbiased and standardized instruments to measure student achievements that can be used for several subject matters in senior high schools and junior high schools. This was a research development study carried out in two years. The result of this research in the first year was a draft of an unbiased and standardized instuments for student achievements. In the second year, the draft of the unbiased and standardized instruments was disseminated to several mathematics teachers in senior high schools and junior high schools in the provinces of Yogyakarta Special Territory and Central Java. After the revision, the instruments were disseminated again to mathematics teachers in senior high schools and junior high schools in the provinces of Yogyakarta Special Territory, Central Java, and Nusa Tenggara Barat.
Keywords: unbiased instruments, standardized instruments
Keywords
Full Text:
FULL TEXT PDFReferences
Adams, R.J. & Kho, Seik-Tom. (1996). Acer quest version 2.1. Camberwell, Victoria: The Australian Council for Educational Research.
Budiyono. (2005). Perbandingan metode mantel-haenzel, sibtest, regresi logistic, dan perbedaan peluang dalam mendeteksi keberbedaan fungsi butir. Disertasi Program S-3 Penelitian dan Evaluasi Pendidikan UNY. Yogyakarta: Program Pascasarjaa UNY.
Embretson, S. & Gorin, J. (2001). Improving construct validity with cognitive psychology principles. Journal of Educational Measurement. Washington: Winter 2001. Vol. 38, Iss. 4; pg. 343, 26 pgs.
Frisbie, D.A. 2005. Measurement 101: Some fundamentals revisited. Educational Measurement: Issues and Practice. Fall 2005. Vol. 24. No.3. pp.21 28.
Hambleton, R.K., Swaminathan, H., & Rogers, H.J. 1991. Fundamentals of item response theory. London: Sage Publications, Inc.
Kartowagiran, Badrun. (2005). Perbadingan berbagai metode untuk mendeteksi bias butir. Disertasi Program S-3 Psikometri UGM. Yogyakarta: Fakultas Pascasarjana UGM.
Keeves, J.P. & Masters, G.N. (1999). Introduction. In: Masters, G.N. & Keeves, J.P. (1999). Advances in measurement in educational research and assessment. Amasterdam: Pergamon, An imprint of Elsevier Science.
Kolen, MJ & Brennan, R.L. (1995). Test equating: Methods and practices. New York: Springer-Verlag New York Inc.
Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 20 Tahun 2007 tentang Standar Penilaian Pendidikan Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah.
Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 22 Tahun 2006 tentang Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah.
Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 23 Tahun 2006 tentang Standar Kompetensi Lulusan untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah.
Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 24 Tahun 2006 tentang Pelaksanaan Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 22 Tahun 2006 tentang Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah dan Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 23 Tahun 2006 tentang Standar Kompetensi Lulusan untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah.
Stark, S., Chernyshenko, S., Chuah, D.,Wayne Lee, & Wilington, P. (2001). IRT modeling lab: IRT tutorial [Versi elektronik]. Urbana: University of Illinois.
Wright, BD & Masters, G.N. (1982). Rating scale analsis. Chicago: Mesa Press.
DOI: https://doi.org/10.21831/pep.v15i2.1100
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Find Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan on:
ISSN 2338-6061 (online) || ISSN 2685-7111 (print)
View Journal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan Visitor Statistics