Evaluating the philosophical foundation of 2013 Curriculum
Pujiati Suyata, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Abstract
Keywords
Full Text:
Fulltext PDFReferences
Alkaf, A. (2013). Landasan filosofis Kurikulum 2013. Wawancara pada tanggal 20 November 2013, di Jakarta.
Al Faris, F. (2015). Kurikulum 2013 dalam perspektif filsafat pendidikan progressivisme, Jurnal Filsafat, 25(2), 316-338.
Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidik dan Tenaga Kependidikan. (2003). In Workshop penyusunan teknis Kurikulum 2013, (Desember 2013). LPMP Yogyakarta.
Depdiknas. Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional (2003). Jakarta.
Kemendikbud. (2012, Desember). Pengembangan kurikulum 2013. Bahan uji publik kurikulum 2013. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Kusuma, D.C. (2013). Analisis komponen-komponen pengembangan kurikulum 2013 pada bahan uji publik kurikulum 2013. Jurnal Analisis Pengembangan Kurikulum 2013. 1-21.
Dewey, J. (2004). Democracy and education, an introduction to the philosophy of education. Delhi: Aakar Books.
Faridah, A. (2014). Kesiapan guru dalam implementasi Kurikulum 2013. Jurnal Kajian Singkat terhadap Isu-Isu Terkini, VI(15).
Ghasemi, A., Taghinejad, M., Kabiri, A., & Imani, M. (2011). Ricoeur’s theory of interpretation: A method for understanding text (course text). World Applied Sciences Journal, 15(11), 1623-1629.
Hasan, H. (2013). Landasan filosofi kurikulum 2013. Retrieved June 21, 2013 from www.upi.edu/.../Informasi%20Kurikulum%202013%...
Hasan, H. (2014). Landasan filosofis Kurikulum 2013. Wawancara pada tanggal 2 Juni 2014, di UPI Bandung.
Hanif, M. (2014). Tinjauan filosofis Kurikulum 2013. Insania, 19(1), 87-114.
Kemeterian Pendidikan dan Kebudayaan. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 23 Tahun 2015 tentang Penumbuhan Budi Pekerti (2015). Jakarta.
Knight, G. R. (1982). Issues and alternatives in educational philosophy. Michigan: Andrews University Press.
Monks, F. J., Knoers, A. M. P., & Haditono, S. R. (1982). Psikologi perkembangan, pengantar dalam berbagai bagiannya. Yogyakarta: UGM Press.
Ornstein, A. C., & Hunkins, F. P. (2004).Curriculum foundation, principles and issues. Boston: Pearson.
Subandi. (2013). Pengembangan Kurikulum 2013 (Studi analitis dan substantif kebijakan kurikulum Nasional). Jurnal Terampil, 1(1).
Sumaryono, E. (1999). Hermeneutik sebuah metode filsafat. Yogyakarta: PT. Kanisius.
Winataputera, U. (2014a). Landasan Filosofis Kurikulum 2013. Wawancara pada tanggal 27 April 2014, di Universitas Negeri Yogyakarta.
Winataputera, U. (2014b). Sistem kurikulum dalam konteks sistem pendidikan nasional. Diakses tanggal 6 Januari 2015 dariwww. file.upi.edu/Direktori/FPIPS/JUR.../Drs.../HANDOUT_KONTEKS..ppt...
Wright, C. R., Judith, T., & Johnson (Ed.). (2000). Module 13 curriculumtheory, design and assessment. Canada: The Commonwealth of Learning.DOI: https://doi.org/10.21831/pep.v21i2.13336
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Find Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan on:
ISSN 2338-6061 (online) || ISSN 2685-7111 (print)
View Journal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan Visitor Statistics