Kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal olimpiade SMP konten aljabar
Hapizah Hapizah, Pendidikan Matematika, Universitas Sriwijaya, Indonesia
Cecil Hiltrimartin, Pendidikan Matematika, Universitas Sriwijaya, Indonesia
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal olimpiade SMP konten aljabar. Jenis penelitian yang digunakan adalah studi kasus. Subjek penelitian adalah perwakilan siswa kelas IX SMP Negeri 1 Palembang dengan jumlah siswa 22 orang. Teknik pengumpulan data pada penelitian adalah tes tertulis dan wawancara. Analisis data tes dan wawancara mengikuti prosedur Newman Error Analysis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesalahan-kesalahan yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal olimpiade SMP konten aljabar terdiri dari kesalahan dalam memahami soal, kesalahan dalam transformasi meliputi penggunaan rumus atau prosedur tidak relevan dan tidak mengetahui prosedur yang digunakan, dan kesalahan dalam proses perhitungan meliputi kesalahan menggeneralisasi pola ke bentuk umum dan tidak menyelesaikan prosedur penyelesaian.
Students’ error in solving junior high school Olympiad problem on algebra content
Abstract
This research is a qualitative descriptive research that aims to find out and to describe the students’ error in solving junior high school Olympiad on algebra content. Type of this research is case study. The subjects of the study were the students of class IX SMP Negeri 1 Palembang with 22 students. Data collection techniques in this research are written tests and interviews. Analysis of test and interview data follows Newman Error Analysis procedure. The results of the research show that the students’ error in solving junior high school problem on algebra content consist of errors in understanding the problem, error in transformation error includes the use of irrelevant formulas or procedures and do not know the procedures used, and errors in the calculation process include errors generalize patterns to the general form and did not complete the settlement procedureKeywords
Full Text:
FULLTEXT PDFReferences
Abdullah, A. H., Abidin, N. L. Z., & Ali, M. (2015). Analysis of students’ error in solving higher order thinking skills (HOTS) problem for the topic of fraction. Asean Social Science, 11(21), 113-142. doi:http://dx.doi.org/10.5539/ass.v11n21p133
Direktorat Dikdasmen Kemendikbud RI. (2017). Panduan olimpiade sains nasional (OSN) dan lomba sains tingkat internasional sekolah menengah pertama tahun 2017. Jakarta: Author.
Direktorat PSMP Kemendikbud. (2016). Pengumuman hasil OSN matematika dan ilmu pengetahuan alam SMP tingkat nasioanl tahun 2016. Jakarta: Author.
Direktorat PSMP Kemendikbud. (2017). Pengumuman hasil OSN matematika dan ilmu pengetahuan alam SMP tingkat nasioanl tahun 2017. Jakarta: Author.
Hadi, S., Retnawati, H., Munadi, S., Apino, E., & Wulandari, N. F. (2018). The difficulties of high school students in solving higher-order thinking skills problems. Problems of Education in the 21st Century, 76(4), 520-532.
Herutomo, R. A., & Saputro, T. E. M. (2014). Analisis kesalahan dan miskonsepsi siswa kelas VIII pada materi aljabar. Edusentris, Jurnal Ilmu Pendidikan dan Pengajaran, 1(2), 134-145. Retrieved from http://ejournal.sps.upi.edu/index.php/edusentris/article/view/140/110
Lipianto, D., & Budiarto, M. T. (2013). Analisis kesalahan siswa dalam menyelesakan soal yang berhubungan dengan persegi dan persegi panjang berdasarkan Taksonomi Solo Plus pada kelas VII. MATHEdunesa, 2(1), 1-8.
NCTM, (2008). Principles and standards for school mathematics. Reston, VA: Author.
Ridwan, T. (2016). Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan masalah aljabar. Skripsi sarjana tidak diterbitkan. Universitas Nusantara PGRI, Kediri.
Singh, P., Rahman, A. A., & Hoon, T. S. (2010). The Newman procedure for analyzing primary four pupils errors on written mathematical task: a malaysian perspective. Procedia Social and Behavioral Sciences, 8, 264-271.
Suhaedi, D. (2013). Peningkatan kemampuan komunikasi matematis, berpikir aljabar, dan disposisi matematis siswa SMP melalui pendekatan pendidikan matematika realistik Indonesia. Disertasi doctoral tidak dipublikasikan. Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung.
Sukmawati, A. (2015). Berpikir aljabar dalam menyelesaikan masalah matematika. Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 89-95.
Suyitno, A., & Suyitno, H. (2015). Learning therapy for students in mathematicts communication correcrtly based on aplication of Newman procedure (A case of Indonesian student). International Journal of Education and Research, 3(1), 529-537
Tadda, M. (2016). Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal-soal aljabar berdasarkan gender. Prosiding Seminar Nasional Universitas Cokroaminoto Palopo, 2(1), 347-354.
Ukhti, L. (2013). Analisis kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal olimpiade matematika tingkat kabupaten/kota pada siswa kelas XI SMA Teuku Nyak Arif Fatih Bilingual School Kota Banda Aceh Tahun 2013. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Terapan 2013 (SiManTap 4), 279-288.
Wijaya, A. (2014). Identifying (Indonesian) students’ diffuculties in solving context-based (PISA) mathematics tasks. Proceeding of International Seminar on Innovation in Mathematics and Mathematics Education.
DOI: https://doi.org/10.21831/jrpm.v5i2.18191
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2018 Jurnal Riset Pendidikan Matematika
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Riset Pendidikan Matematika indexed by:
Jurnal Riset Pendidikan Matematika by http://journal.uny.ac.id/index.php/jrpm/index is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
All rights reserved. p-ISSN 2356-2684 | e-ISSN 2477-1503
View My Stats