Analisis Miskonsepsi Terhadap Number Sense Menggunakan Five-Tier Diagnostic Test Pada Siswa Sekolah Dasar

Anna Fauziah, Universitas PGRI Silampari
Viktor Pandra, Universitas PGRI Silampari

Abstract


Miskonsepsi atau ketidakcocokan pemahaman dengan konsep yang berlaku terhadap number sense merupakan salah satu permasalahan mendasar yang dijumpai pada siswa Sekolah Dasar dalam pembelajaran matematika.  Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis miskonsepsi yang terjadi pada siswa Sekolah Dasar di kota Lubuklinggau terhadap number sense menggunakan five-tier diagnostic test. Penelitian merupakan penelitian deskriptif kualitatif dimana subjek penelitian adalah siswa kelas VI SDIT Annida Lubuklinggau sebanyak 28 orang siswa. Data hasil penelitian dikumpulkan menggunakan five-tier diagnostic test dan wawancara. Keabsahan data yang diperoleh dalam penelitian dilakukan melalui triangulasi data. Teknik analisis data dilakukan melalui 3 tahap yang meliputi reduksi data, penyajian data dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) 27,6 % siswa mengalami miskonsepsi; (2) tipe miskonsepsi yang paling besar merupakan tipe process-object error sebesar 31,5 %; (3) siswa terbanyak melakukan miskonsepsi pada indikator kelima number sense yaitu menilai kewajaran dari suatu perhitungan sebesar 48,5 %, dan (4) faktor penyebab terbesar yang membuat siswa mengalami miskonsepsi adalah pemikiran siswa sendiri sebesar 0,97 %.

Keywords


Miskonsepsi, Number Sense, Five-Tier Diagnostic Test



DOI: https://doi.org/10.21831/jrpm.v11i2.76086

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Jurnal Riset Pendidikan Matematika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Jurnal Riset Pendidikan Matematika indexed by:

 

  


Creative Commons License
Jurnal Riset Pendidikan Matematika by http://journal.uny.ac.id/index.php/jrpm/index is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

All rights reserved. p-ISSN 2356-2684 | e-ISSN 2477-1503

View My Stats