EFEK PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY TRAINING BERBANTUAN MEDIA VISUAL DAN KREATIVITAS TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efek penggunaan model pembelajaran inquiry training berbantuan media visual dan kreativitas terhadap keterampilan proses sains siswa SMP. Penelitian dilaksanakan di SMP Amir Hamzah Medan Tahun Pelajaran 2014/2015. Sampel penelitian ditentukan secara cluster sampling, satu kelas sebagai kelas eksperimen dibelajarkan dengan model pembelajaran inquiry training dan satu kelas kontrol dibelajarkan secara konvensional. Uji hipotesis menggunakan ANAVA dua jalur. Instrumen penelitian terdiri dari tes keterampilan proses sains dan tes kreativitas. Hasil penelitian diperoleh bahwa (1) Keterampilan proses sains siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran inquiry training menggunakan media visual lebih baik dari yang dibelajarkan secara konvensional. (2) Keterampilan proses sains siswa yang memiliki kreativitas tinggi lebih baik dari siswa dengan kreativitas rendah. (3) Terdapat interaksi antara model pembelajaran inquiry training dan pembelajaran konvensional dengan kreativitas siswa dalam meningkatkan keterampilan proses sains siswa.
Kata kunci : Model pembelajaran inquiry training, kreativitas, keterampilan
proses sains
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.21831/cp.v15i2.8080
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Social Media:
Jurnal Cakrawala Pendidikan by Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan UNY is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.uny.ac.id/index.php/cp/index.