USAHA PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN IPA*
Abstract
Beberapa "issue" alan masalah yang menyangkut motu pendidikan IPA dewa·
sa ini, antara lain: seleksi calon guru IPA; pembentukan guru IPA ditinjau dari
kompetensi personal, profesional dan sosial; peninjauan KurikuJum IKIP/FKIP
. Universitas dari scgi relevansi dan signifikansi; keterpaduan aDlaTa departemendepartemen
dan instansi-instansi daerah, seperti lKIPI FKIP Universitas, Kanwil
Depdikbud, yang berwenang dalam penempatan guru dan pembinaan karier guru
serla kesejahteraan sosiaJ ekonomi; kerjasama dengan IKIP/FKIP unluk Program
S-2 dan 5-3 Pendidikan; dan kesenjangan antara derasnya teknologi baru masuk ke
Indonesia yang memerlukan pengetahuan dan kemampuan untuk mengajarkannya
dan menyerapnya.
Dengan mengidentifikasikan beberapa isyu tentang mutu pendidikan IPA
tersebut, dapat dibahas permasalahannya dan dicari pemecahannya yang tepat,
signifikan, dan relevan daIam usaha peningkatan mutu pendidikan IPA.
Untuk dapat memberikan saran terung langkah dan tindakan apa yang bisa
dilaksanakan daIam mengatasj" masalah yang sedang dihadapi IKIPIFKIP. maka
isyu-isyu bahan kebijaksanaan pendidikan tinggi di Indonesia uotuk dasawarsa
1985-1995, yaitu: yang berkaitan dengan jumlah (quantity), mutu (quality), equity.
relevansi, produktivitas, efisiensi. dan dinamika sistem. atau orientasi ke masa
depan. Prioritas rekomendasi ditetapkan dengan kriteria berdasarkan kegunaan/manfaat
(utility), urgensi, kebutuhan akan sumber daya, efek dislokasi, dan sifat
umum (generality).
Sebagai hasil pembahasan isyu a~u masalah tersebut di atas, beberapa rekomendasi
penting disajikan dalam tulisan ini.
sa ini, antara lain: seleksi calon guru IPA; pembentukan guru IPA ditinjau dari
kompetensi personal, profesional dan sosial; peninjauan KurikuJum IKIP/FKIP
. Universitas dari scgi relevansi dan signifikansi; keterpaduan aDlaTa departemendepartemen
dan instansi-instansi daerah, seperti lKIPI FKIP Universitas, Kanwil
Depdikbud, yang berwenang dalam penempatan guru dan pembinaan karier guru
serla kesejahteraan sosiaJ ekonomi; kerjasama dengan IKIP/FKIP unluk Program
S-2 dan 5-3 Pendidikan; dan kesenjangan antara derasnya teknologi baru masuk ke
Indonesia yang memerlukan pengetahuan dan kemampuan untuk mengajarkannya
dan menyerapnya.
Dengan mengidentifikasikan beberapa isyu tentang mutu pendidikan IPA
tersebut, dapat dibahas permasalahannya dan dicari pemecahannya yang tepat,
signifikan, dan relevan daIam usaha peningkatan mutu pendidikan IPA.
Untuk dapat memberikan saran terung langkah dan tindakan apa yang bisa
dilaksanakan daIam mengatasj" masalah yang sedang dihadapi IKIPIFKIP. maka
isyu-isyu bahan kebijaksanaan pendidikan tinggi di Indonesia uotuk dasawarsa
1985-1995, yaitu: yang berkaitan dengan jumlah (quantity), mutu (quality), equity.
relevansi, produktivitas, efisiensi. dan dinamika sistem. atau orientasi ke masa
depan. Prioritas rekomendasi ditetapkan dengan kriteria berdasarkan kegunaan/manfaat
(utility), urgensi, kebutuhan akan sumber daya, efek dislokasi, dan sifat
umum (generality).
Sebagai hasil pembahasan isyu a~u masalah tersebut di atas, beberapa rekomendasi
penting disajikan dalam tulisan ini.
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.21831/cp.v3i3.8683
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Social Media:
Jurnal Cakrawala Pendidikan by Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan UNY is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.uny.ac.id/index.php/cp/index.