PENGARUH PENGALAMAN PKL, KEPERCAYAAN DIRI, DAN PENGUASAAN SOFT SKILL TERHADAP KESIAPAN KERJA
Wiedy Murtini, Universitas Sebelas Maret, Indonesia
Susantiningrum Susantiningrum, Universitas Sebelas Maret, Indonesia
Abstract
Abstrak: Pengaruh Pengalaman PKL, Kepercayaan Diri, dan Penguasaan Soft Skill terhadap Kesiapan Kerja. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana siswa SMK Negeri 1 Karanganyar memperoleh manfaat dari pelatihan praktik (PKL), kepercayaan diri, dan pengembangan soft skill. Sebanyak 530 siswa kelas XII SMK Negeri 1 Karanganyar dimasukkan dalam populasi penelitian, dan 228 orang diantaranya dijadikan sebagai sampel penelitian. Prosedur kuantitatif korelasional menggunakan kuesioner digunakan untuk pengumpulan data dalam penelitian ini. IBM SPSS 27 digunakan untuk melakukan analisis regresi linier berganda pada data yang dikumpulkan. Pengalaman kerja, kepercayaan diri, dan kapasitas untuk menggunakan soft skill semuanya mempunyai efek menguntungkan pada kesiapan kerja, namun tidak semuanya pada saat yang bersamaan. Telah terdokumentasi dengan baik bahwa empat puluh persen kemampuan kerja seorang kandidat bergantung pada tingkat pengalaman praktik kerja lapangan, kepercayaan diri, dan penguasaan soft skill siswa.
Kata kunci: pengalaman praktik kerja lapangan; kepercayaan diri; penguasaan soft skill; kesiapan kerja, SMK.
Abstract: The Effect of PKL Experience, Self Confidence, and Soft Skill Capability on Work Readiness. The purpose of this research was to examine how students at SMK Negeri 1 Karanganyar benefited from PKL, self-confidence, and soft skills capabilty. A total of 530 students from SMK Negeri 1 Karanganyar's 12th grade were included in the study's population, and 228 of them served as the study's sample. Correlational quantitative procedures using questionnaires were employed for data collection in this study. IBM SPSS 27 was used to perform multiple linear regression analyses on the collected data. Work experience, self-confidence, and the capacity to use soft skills all had beneficial effects on work readiness, but not all at the same time. It is well-documented that 40% of a candidate's employability depends on their level of practical work experience, self-confidence, and soft skills capability.
Keyword: practical work experience; self confidence; softs skill capability; work readiness; VHS.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Afriani, R., & Setiyani, R. (2015). Pengaruh Persepsi Siswa tentang Kompetensi Kejuruan, Penguasaan Soft Skill, dan Kematangan Karir terhadap Kesiapan Kerja Siswa Kelas XII Akuntansi SMK Negeri 2 Magelang Tahun Ajaran 2014/2015. Economic Education Analysis Journal, 4(2), 1. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/eeaj
Ambarwati, N., & Rusdarti. (2020). Pengaruh Praktik Kerja Industri (prakerin), Motivasi Kerja dan Self-Efficacy terhadap Kesiapan Kerja Siswa. Economic Education Analysis Journal, 9(3), 831–843. https://doi.org/10.15294/eeaj.v9i3.42409
Ameliyah, R., & Fitriana. (2022). Pengaruh Praktik Kerja Industri, Penguasaan Soft Skill dan Hasil Belajar terhadap Kesiapan Kerja. Journal of Comprehensive Science (JCS), 1(5), 1087–1099.
Aufi, K., & Irianto, A. (2023). Pengaruh Hasil Belajar dan Soft Skills terhadap Kesiapan Kerja Siswa. Jurnal Ecogen, 6(1), 82. https://doi.org/10.24036/jmpe.v6i1.14345
Auliya, N. N. (2020). Pengaruh Persepsi Kesempatan Kerja dan Kepercayaan Diri terhadap Kesiapan Kerja. Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi, 8(2), 283–288.
Cahyaningrum, D., & Martono, S. (2018). Pengaruh Praktik Kerja Industri, Bimbingan Karir, Penguasaan Soft Skill, dan Kompetensi Kejuruan terhadap Kesiapan Kerja Siswa. Economic Education Analysis Journal, 7(3), 1193–1206. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/eeaj
Chotimah, K., & Suryani, N. (2020). Pengaruh Praktek Kerja Lapangan, Motivasi Memasuki Dunia Kerja, dan Efikasi Diri terhadap Kesiapan Kerja. Economic Education Analysis Journal, 9(2), 391–404. https://doi.org/10.15294/eeaj.v9i2.32079
Jasak, F., Sugiharsono, S., & Sukidjo, S. (2020). The Role of Soft Skills and Adversity Quotient on Work Readiness Among Students in University. Dinamika Pendidikan, 15(1), 26–39. https://doi.org/10.15294/dp.v15i1.23530
Khoiroh, M., Dian, S., & Prajanti, W. (2018). Pengaruh Motivasi Kerja, Praktik Kerja Industri, Penguasaan Soft Skill, dan Informasi Dunia Kerja terhadap Kesiapan Kerja Siswa SMK. Economic Education Analysis Journal, 7(3), 1010–1024. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/eeaj
Lestari, R., Surachim, A., & Widjajanta, B. (2020). Pengaruh Pengalaman Praktik Kerja Industri (prakerin) dan Kesiapan Kerja pada Peserta Didik Kelas XII SMK Wirakarya 2 Tahun Ajaran 2019-2020. Journal of Business Education |, 5(1), 1–9. www.jabar.bps.go.id,
Lubis, R. K. (2021). The Effect of Soft Skill on Work Readiness Facing Society 5.0 in Informatics Engineering Students of STMIK Pelita Nusantara Medan. Journal of Management Science (JMAS), 4(1), 2684–9747. https://iocscience.org/ejournal/index.php/JMAS
Makaria, E. C., Rachman, A., & Rachmayanie, R. (2019). Korelasi Kepercayaan Diri dan Efikasi Diri Akademik Mahasiswa Program Studi Bimbingan dan Konseling Angkatan 2018. JKI (Jurnal Konseling Indonesia), 5(1), 1–5. http://ejournal.unikama.ac.id/index.php/JKI
Mastur, M. R. L., & Pramusinto, H. (2020). Pengaruh Praktik Kerja Industri (prakerin), Efikasi Diri, dan Lingkungan Keluarga terhadap Kesiapan Kerja Siswa. Economic Education Analysis Journal, 9(3), 789–802. https://doi.org/10.15294/eeaj.v9i3.42111
Pool, D. L., & Qualter, P. (2013). Emotional Self‐Efficacy, Graduate Employability, and Career Satisfaction: Testing the Associations. Australian Journal of Psychology, 65(4), 214–223. https://doi.org/10.1111/ajpy.12023
Puspitasari, N. A., & Bahtiar, D. M. (2022). Pengaruh Pengalaman Prakerin, Self Efficacy dan Internal Locus of Control terhadap Kesiapan Kerja Siswa SMK di Bidang Akuntansi. Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK), 10(1), 2722–7502.
Ratuela, Y. R., Nelwan, O. S., & Lumintang, G. G. (2022). Pengaruh Hard Skill, Soft Skill dan Efikasi Diri terhadap Kesiapan Kerja pada Mahasiswa Akhir Jurusan Manajemen FEB Unsrat Manado. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 10(1), 172–183.
Ryzana, C. H., & Martono, S. (2019). Analisis Kompetensi Soft Skills di Era Disrupsi. Analysis Journal, 8(2), 782–796. https://doi.org/10.15294/eeaj.v8i2.31521
Saputro, E. A., & Sugiyono. (2019). The Effects of Industrial Working Practices and Student Competencies on Work Readiness of Students in SMKN 1 Sedayu. Journal of Physics: Conference Series, 1273(1), 012029. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1273/1/012026
Setiawati, D., & Mayasari. (2021). Pengaruh Soft Skill dan Hard Skill terhadap Kesiapan Kerja Lulusan SMA Negeri 3 Kota Jambi di Masa Pandemi Covid 19. Scientific Journals of Economic Education, 5(1), 23–35.
Setyadi, M. R. A., Triyono, M. B., & Daryono, R. W. (2021). The Influence of Industrial Work Practices and Workshop Infrastructure Facilities on Work Readiness of Students. Journal of Physics: Conference Series, 1833(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1833/1/012029
Yulianto, V. (2021). Pengaruh Efikasi Diri, Percaya Diri dan Persepsi Penggunaan Media Presentasi terhadap Keterampilan Berbicara Bahasa Mandarin Siswa Kelas 3 SD XYZ. Jurnal Teropong Pendidikan, 1(1), 62–72. https://doi.org/10.19166/jtp.v1i1.3132
Yusadinata, A. S., Machmud, A., & Santoso, B. (2021). Pengaruh Pengalaman Praktik Kerja Industri (prakerin), Informasi Dunia Kerja dan Motivasi Memasuki Dunia Kerja terhadap Kesiapan Kerja Siswa SMK. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(6), 4108–4117. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i6.1318
Yusman, I. Y., Ismiyati, & Sholikah, M. (2019). Pengaruh OJT, Prestasi Belajar, Informasi Kerja, dan Motivasi Kerja terhadap Kesiapan Kerja Siswa SMK. Jurnal Efisiensi-Kajian Ilmu Administrasi Edisi Februari, 16(1), 49–58.
Zulmi, F. A. (2018). Pengaruh Minat Bekerja Kepercayaan Diri, dan Pengalaman Praktik Kerja Industri (prakerin) terhadap Kesiapan Kerja Siswa Kelas XII SMK Abdi Negari Muntilan Tahun Ajaran 2017/2018 [Skripsi]. UNY.
DOI: https://doi.org/10.21831/efisiensi.v21i1.64221
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. read more...