PENGARUH KEAKTIFAN BERORGANISASI DAN PENGALAMAN PKL TERHADAP KESIAPAN KERJA MELALUI MOTIVASI BELAJAR SEBAGAI VARIABLE INTERVENING PADA MAHASISWA FEB UNY
Sutirman Sutirman, Universitas Negeri Yogyakarta
Abstract
Abstrak: Pengaruh Keaktifan Berorganisasi dan Pengalaman PKL terhadap Kesiapan Kerja Melalui Motivasi Belajar sebagai Variable Intervening pada Mahasiswa FEB UNY
Penelitian bertujuan untuk menganalisis pengaruh keaktifan berorganisasi dan pengalaman PKL terhadap kesiapan kerja dengan motivasi sebagai variabel intervening. Pendekatan kuantitatif digunakan dengan sampel 256 mahasiwa FEB UNY Angkatan 2020 yang telah mengambil Paktik Industri (PI) dan Praktik Kependidikan (PK). Analisis dilakukan dengan regresi linier untuk hipotesis 1, 2, 3, dan 4, melalui program SPSS, hipotesis 5 dan 6 melalui program AMOS dan quantpsy.org. Hasil: (1) Terdapat pengaruh positif dan signifikan Keaktifan Berorganisasi terhadap Kesiapan; (2) Terdapat pengaruh positif dan signifikan Praktik Kerja Lapangan terhadap Kesiapan; (3) Terdapat pengaruh positif dan signifikan Keaktifan Berorganisasi dan Praktik Kerja Lapangan terhadap Kesiapan; (4) Terdapat pengaruh positif dan signifikan Motivasi Belajar terhadap Kesiapan; (5) Terdapat pengaruh positif dan signifikan Keaktifan Berorganisasi terhadap Kesiapan Kerja melalui Motivasi Belajar sebagai variabel; (6) Terdapat pengaruh positif dan signifikan Praktik Kerja Lapangan terhadap Kesiapan Kerja melalui Motivasi Belajar sebagai variabel intervening . Kontribusi hasil riset ini adalah menjadi salah satu dasar dalam melakukan perancangan kurikulum serta kegiatan kemahasiswaan untuk mendukung kesiapan lulusan kompeten.
Kata kunci: Keaktifan Berorganisasi; Praktik Kerja Lapangan; Kesiapan Kerja; Motivasi Belajar; Mahasiswa FEB UNY
Abstract: The Influence of Organizational Involvement and Internship Experience on Job Readiness through Learning Motivation as an Intervening Variable among FEB UNY Students
The research aims to analyze the influence of organizational involvement and internship experience on work readiness, with learning motivation as an intervening variable. A quantitative approach was employed, using a sample of 256 students from the Faculty of Economics and Business, Yogyakarta State University (FEB UNY), Class of 2020, who have undertaken Industrial Practice (PI) and Educational Practice (PK). Analysis was conducted using linear regression for hypotheses 1, 2, 3, and 4 through SPSS, while hypotheses 5 and 6 were analyzed using AMOS and quantpsy.org. The results are as follows: (1) Organizational involvement has a positive and significant effect on work readiness; (2) Internship experience has a positive and significant effect on work readiness; (3) Organizational involvement and internship experience jointly have a positive and significant effect on work readiness; (4) Learning motivation has a positive and significant effect on work readiness; (5) Organizational involvement has a positive and significant effect on work readiness through learning motivation as an intervening variable; (6) Internship experience has a positive and significant effect on work readiness through learning motivation as an intervening variable. The contribution of this research is to serve as a basis for curriculum design and student activities to support the development of competent graduate readiness.
Keywords: Organizational Activity; Field Work Practices; Job Readiness; Learning Motivation; FEB UNY Students
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ahdiat, A. (2023). Jumlah dan Tingkat Pengangguran Terbuka di Indonesia (Februari 2019-Februari 2023). Databoks.
Aprilia, E. D., & Khairiyah, Y. (2018). OPTIMISME MENGHADAPI PERSAINGAN DUNIA KERJA DAN ADVERSITY QUOTIENT PADA MAHASISWA. Seurune : Jurnal Psikologi Unsyiah, 1(1). https://doi.org/10.24815/s-jpu.v1i1.9922
Ayaturrahman, J. D., & Rahayu, I. (2023). Dampak Soft Skill Terhadap Kesiapan Kerja Mahasiswa di Era Industri 4.0. Proceeding of National Conference on Accounting & Finance, 5.
BPS. (2024). Keadaan Pekerja di Indonesia Februari 2024. In BPS - Statistics Indonesia (Vol. 18, Issue 1).
Budiaji, W. (2013). Skala Pengukuran dan Jumlah Respon Skala Likert. Jurnal Ilmu Pertanian Dan Perikanan, 2(2).
Hidayatullah. (2023). Pengaruh Praktik Kerja Lapangan Terhadap Kesiapan Kerja XII TKR SMK Krian 2 Sidoarjo. Jptm, 12(02).
Jonatan Sarwono. (2015). Analisis Jalur (Path Analysis). News.Ge, I.
Kusumaningrum, D. (2023). Pengaruh Pelatihan Soft Skill Dan Pengalaman Magang Dalam Meningkatkan Kesiapan Memasuki Dunia Kerja Pada Mahasiswa (Studi Terhadap Mahasiswa Yang Telah Mengikuti Program Magang Uksw). Universitas Kristen Satya Wacana Institutional Repository.
Lisdiyanto, R., Sutaryadi, & Susantiningrum. (2018). Pengaruh Praktik Kerja Lapangan Dan Pengalaman Berorganisasi Terhadap Kesiapan Kerja Siswa Kelas XII Program Keahlian Administrasi Perkantoran Smk Kristen 1 Surakarta. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Administrasi Perkantoran (SNPAP) 2018 27 Oktober 2018, Program Studi Pendidikan Administrasi Perkantoran FKIP UNS.
Liyasari, N. (2019). Pengaruh praktik kerja lapangan, motivasi memasuki dunia kerja, dan keaktifan berorganisasi terhadap kesiapan kerja siswa kelas XII jurusan administrasi perkantoran smk negeri 1 Purwodadi tahun 2018/2019. Skripsi, 1(1).
Muchtar, D., & Suryani, A. (2019). Pendidikan Karakter Menurut Kemendikbud. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 3(2). https://doi.org/10.33487/edumaspul.v3i2.142
Muhmin, A. H. (2018). Pentingnya Pengembangan Soft Skills Mahasiswa Di Perguruan Tinggi. Forum Ilmiah, 15(2).
Mussardo, G. (2019). BAB III Metode Penelitian Menurut Sugiyono 2017. Statistical Field Theor, 53(9).
Putranto, R. T., & Mashuri, M. (2012). Analisis Statistik Tentang Faktor-Faktor yang Institut Teknologi Sepuluh Nopemper (ITS). Jurnal Sains Dan Seni Its, 1(1).
Santoso, A. (2023). Rumus Slovin. Jurnal Psikologi Universitas Sanata Dharma, 4(2).
Tri Rinawati, Asih Niati, T. A. (2021). PELUANG MAHASISWA DALAM DUNIA KERJA DITINJAU DARI ASPEK KOMPETENSI. Buletin Bisnis & Manajemen, 07(02).
Tri Rinawati, Niati, A., & Ariefiantoro, T. (2023). Pelatihan Penyusunan Laporan Keuangan Sesuai SAK-EMKM Bagi UKM di Wilayah Kelurahan Bugangan Semarang. PUBLICA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(3). https://doi.org/10.58738/publica.v1i3.28
Zahra, R., & Rina, N. (2018). Alpha Cronbach. In Lontar (Vol. 6, Issue 3).
DOI: https://doi.org/10.21831/efisiensi.v22i1.82072
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

















This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. read more...