Keefektifan pembelajaran penemuan terbimbing dengan budaya lokal ditinjau dari prestasi dan motivasi belajar

Maria Ulfah, SMK Negeri 6 Yogyakarta, Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan keefektifan pembelajaran penemuan terbimbing, pembelajaran dengan budaya lokal, dan pembelajaran konvensional dalam pembelajaran matematika ditinjau dari prestasi dan motivasi belajar; (2) mendeskripsikan ada tidaknya perbedaan keefektifan ketiga metode pembelajaran tersebut; (3) mendeskripsikan pembelajaran mana yang lebih efektif diantara pembelajaran penemuan terbimbing dan pembelajaran dengan budaya lokal dalam pembelajaran matematika ditinjau dari prestasi dan motivasi belajar. Penelitian ini merupakan eksperimen semu dengan rancangan non equivalent group design menggunakan dua kelompok eksperimen. Populasi penelitian semua siswa kelas X SMK Negeri 4 dan SMK Negeri 6 Yogyakarta. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) pembelajaran penemuan terbimbing, pembelajaran menggunakan budaya lokal, serta pembelajaran konvensional tidak efektif ditinjau dari prestasi dan motivasi belajar; (2) terdapat perbedaan keefektifan yang signifikan antara pembelajaran penemuan terbimbing, pembelajaran dengan budaya lokal, dan pembelajaran konvensional dalam pembelajaran matematika ditinjau dari prestasi dan motivasi belajar; (3) pembelajaran menggunakan budaya lokal lebih efektif daripada pembelajaran penemuan terbimbing ditinjau dari prestasi dan motivasi belajar.

Kata Kunci: pembelajaran penemuan terbimbing, budaya local, prestasi dan motivasi belajar.

 

The effectivnees of the guided discovery learning with local culture in tearm of students achievement and motivation

 

Abstract

This study aimed to: (1) describe the effectiveness of guided discovery learning, local cultural learning, and conventional learning in terms of students’ achievement and motivation; (2) describe wether there was difference of effectiveness among the three methods; and (3) describe learning method which was more effective between guided discovery learning and local cultural learning in terms of students’ achievement and motivation. This study was a quasi-experimental design with non-equivalent group design using two experimental groups. The study population  were all grade X students of SMKN 4 and SMKN 6 Yogyakarta. Instruments used were in the form of achievement tests and questionnaires. The results show that: (1) guided discovery learning, local cultural learning, and conventional learning were not effective in terms of students’ achievement and motivation;( 2) there were differences significantly in the effectiveness between guided discovery learning, local cultural learning, and conventional learning; and (3) local cultural learning was more effective than guided discovery learning in terms of students’ achievement and motivation.

Keywords: guided discovery learning, local cultural learning, achievement, learning motivation.

Keywords


pembelajaran penemuan terbimbing, budaya local, prestasi dan motivasi belajar

Full Text:

FULLTEXT PDF

References


Carin & Sund. (1989). Teaching science through discovery (6thed). Colombus, OH: Merill Publishing company.

Djamarah, S.B. et al. (1997) Strategi belajar mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Gubernur DIY. (2012). Peraturan Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta Nomor 77, Tahun 2012, tentang Rencana Strategis Pembangunan pendidikan Daerah.

Kurniawan. (2014) Pengaruh perhatian orang tua, motivasi belajar, dan lingkungan sosial terhadap prestasi belajar matematika siswa SMP. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 1(2) 176-187.

NCTM. (2013). Principle and Standards for School Mathematics. Reston, VA: The National Council of teachers of Mathematics, Inc.

Syah, M. (2014). Psikologi pendidikan: dengan pendekatan baru. Bandung, PT. Remaja Rodaskarya.

Stevens, J. (2009). Applied multivariate statistics for the social sciences. London: Lawrence Erlbaum Associatiates, Publishers.

Westwood, P. (2008). What teachers need to know about teaching methods. Camberwell Victoria: ACER Press.




DOI: https://doi.org/10.21831/pg.v11i2.10636

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


PYTHAGORAS: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika indexed by:


Creative Commons License Pythagoras is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Based on a work at http://journal.uny.ac.id/index.php/pythagoras.

All rights reserved p-ISSN: 1978-4538 | e-ISSN: 2527-421X

Visitor Number:

View Pythagoras Stats