PERBEDAAN PENGARUH METODE PEMBELAJARAN SIMULASI DENGAN LATIHAN (DRILL) TERHADAP PENERAPAN PENGISIAN PARTOGRAF PADA MAHASISWA DIII KEBIDANAN
Kuswati ., Kuswati
Aprilinawati Sri Rejeki,
Abstract
Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah mengetahui perbedaan pengaruh metode pembelajaran simulasidengan latihan terhadap penerapan pengisian partograf pada mahasiswa DIII Kebidanan. Rancangan penelitian ini adalah eksperimen semu dengan desain randomized pretest posttest comparison group design dan metode analisis data yang digunakan adalah uji Wilcoxon pada kelompok pretes-postesmasing-masing kelompok dan uji beda menggunakan uji U Mann-Whitney. Sampel dalam penelitian adalah seluruh mahasiswa semester III Akbid Estu Utomo Boyolali sejumlah 90 orang, yang dibagidalam kelompok ekperimen (metode simulasi) sejumlah 45 orang dan pada kelompok kontrol (latihan)sebanyak 45 orang. Hasil penelitian ini menunjukkan terdapat perbedaan pengaruh yang signifikan antara kelompok latihan (drill) dan kelompok simulasi dengan nilai z:-3,413 dan p value:0,001 (α=0.05), dimana kelompok simulasi lebih berpengaruh daripada kelompok latihan (drill). Kata Kunci: metode simulasi, metode latihan, pengisian partograf
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.21831/cp.v1i1.1867
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Social Media:
Jurnal Cakrawala Pendidikan by Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan UNY is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.uny.ac.id/index.php/cp/index.