ILMU PENDIDIKAN DALAM TANTANGAN
Abstract
Ilmu pendidikan sebagai ilmu yang relatifmuda tidak lepas dari
tantangan-tantangan yang dihadapi. Di satu pihak sampai kini tak kunjung
henti kritik-kritik tajam yang ditujukan mengenai eksistensinys
sebagai ilmu; di lain pihak ia tak dapat mengelak untuk terlihat dalam
menjawab pennasalahan-permasalahan pendidikan yang semakin kompleks.
Tantangan iImu pendidikan dalam usaha mengembangkan dan
mengokohkan dirinya semakin nampak urgensinya mengingat semakin
tidak menentunya dampak negatifberbagai usaha pembaharuan pendidikan
yang lebih berpangkaI pada ilmu-ilmu tentang pendidikan atau ilmu
kependidikan yang bersifat parsiaI atau parsiaI disintegratif, dari pada
menggunakan kacamata pendidikan secara utuh (dalam kesatuan organis
harmonis dinamis) yang senantiasa menjadi titik pangkaI, garapan dan
inuara ilmu pendidikan.
tantangan-tantangan yang dihadapi. Di satu pihak sampai kini tak kunjung
henti kritik-kritik tajam yang ditujukan mengenai eksistensinys
sebagai ilmu; di lain pihak ia tak dapat mengelak untuk terlihat dalam
menjawab pennasalahan-permasalahan pendidikan yang semakin kompleks.
Tantangan iImu pendidikan dalam usaha mengembangkan dan
mengokohkan dirinya semakin nampak urgensinya mengingat semakin
tidak menentunya dampak negatifberbagai usaha pembaharuan pendidikan
yang lebih berpangkaI pada ilmu-ilmu tentang pendidikan atau ilmu
kependidikan yang bersifat parsiaI atau parsiaI disintegratif, dari pada
menggunakan kacamata pendidikan secara utuh (dalam kesatuan organis
harmonis dinamis) yang senantiasa menjadi titik pangkaI, garapan dan
inuara ilmu pendidikan.
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.21831/cp.v1i1.9198
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Social Media:
Jurnal Cakrawala Pendidikan by Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan UNY is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Based on a work at https://journal.uny.ac.id/index.php/cp/index.