PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN BERBASIS HOTS MENGGUNAKAN APLIKASI “QUIZIZZ”

Miske Hayunia Hamidah, Universitas Negeri Surabaya, Indonesia
Siti Sri Wulandari, Universitas Negeri Surabaya, Indonesia

Abstract


Abstrak: Pengembangan instrumen penilaian berbasis HOTS menggunakan aplikasi “quizizz”. Tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan alat evaluasi berbasis Higher Order Thinking Skills (HOTS) menggunakan aplikasi Quizizz, menguji tingkat kelayakan instrumen penilaian HOTS yang telah dikembangkan, menganalisis kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa, dan menganalisis respon siswa terhadap penggunaan aplikasi Quizizz. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode penelitian pengembangan  dengan model pengembangan Sugiyono sepuluh langkah namun dibatasi dengan tujuh langkah pengembangan. Subjek pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XII produktif Otomatisasi Tata Kelola Perkantoran (OTKP)  sebanyak 34 siswa. Hasil validasi produk pengembangan kepada tiga validator ahli diperoleh rata-rata validasi sebesar 94% (sangat kuat). Adapun hasil pengembangan, menunjukkan dari 30 butir soal yang dikembangkan 25 soal dikatakan valid dengan perhitungan r hitung > r tabel (0,3291). Reliabilitas soal sebesar 0,77 > 0,60 sehingga soal dapat dikatakan reliable. Tingkat kesukaran soal memiliki rata-rata “Sedang”. Terdapat 2 soal dengan daya pembeda “Kurang” sehingga soal harus dibuang. Secara keseluruhan pengecoh soal sudah berfungsi dengan baik ditunjukkan dengan pemilihan option jawaban melebihi 5% dari jumlah siswa. Hasil uji coba pada penelitian ini menunjukkan siswa memiliki rata-rata kemampuan berpikir tingkat tinggi pada kriteria “Cukup”. Rata-rata respon siswa sebesar 89,5% artinya siswa memberikan respon sangat positif dalam penggunaan Quizizz saat penerapan instrumen penilaian HOTS.

 

Abstract: Development of HOTS-based assessment instruments using the "quizizz" application. The purpose of this research is to develop an evaluation tool based on Higher Order Thinking Skills (HOTS) using the Quizizz application, to test the feasibility of the HOTS assessment instrument that has been developed, to analyze students 'higher order thinking skills, and to analyze students' responses to the use of the Quizizz application. The method used in this study is a development research method with the Sugiyono ten-step development model but is limited to seven development steps. The subjects in this study were all students of class XII productive Office Governance Automation (OTKP) as many as 34 students. The results of the validation of development products to three expert validators obtained an average validation of 94% (very strong). As for the development results, it shows that of the 30 items developed, 25 questions are said to be valid with the calculation of r count> r table (0.3291). The reliability of the questions is 0.77> 0.60 so that the questions can be said to be reliable. The difficulty level of the item has a "Medium" average. There are 2 questions with "Less" distinguishing power, so the questions must be discarded. Overall, the question fraudsters are functioning properly, indicated by the selection of answer options exceeding 5% of the total number of students. The test results in this study showed students had an average high-order thinking ability on the "Enough" criterion. The average student response was 89.5%, meaning that students gave a very positive response in using Quizizz when implementing HOTS assessment instruments

 


Keywords


Instrumen Penilaian; HOTS; Tes Objektif; Humas; Quizizz

Full Text:

PDF

References


Agustina, L., & Rusmana, I. M. (2019). Pembelajaran matematika menyenangkan dengan aplikasi kuis online quizizz. Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika, 1–7. https://journal.unsika.ac.id/index.php/sesiomadika/article/view/2249

Aisyah, Panjaitan, R. G. P., & Marlina, R. (2016). Respon Siswa Terhadap Media E-Comic Bilingual Sub Materi Bagian-Bagian Darah. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 5(3), 1–12. https://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/14301

Akhsan, H., Wiyono, K., Novianti, R., & Dkk. (2020). Pengembangan Instrumen Tes Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Materi Fluida dan Getaran Harmonis. Jurnal Inovasi Pendidikan, 9(2), 33–40. http://sij-inovpend.ejournal.unsri.ac.id/index.php/sij-inovpend/indeks

Amirono, & Daryanto. (2016). Evaluasi & Penilaian Pembelajaran Kurikulum 2013. Gava Media.

Amri, M., & Shobri, Y. A. (2020). Persepsi Mahasiswa Terhadap Penggunaan Quizizz Dalam Pembelajaran Akuntasi Konsolidasi Bank Syariah Di IAIN Ponorogo. Jurnal Teknologi Informasi Dan Pendidikan, 13(1), 128–138. https://doi.org/https://doi.org/10.24036/tip.v13i1

Arifin, & Retnawati, H. (2017). Pengembangan Instrumen Pengukur Higher Order Thinking Skills Matematika Siswa SMA Kelas X. Jurnal Pendidikan Matematika, 12(1), 98–108. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.21831/pg.v12i1.14058

Arifin, Z. (2009). Evaluasi Pembelajaran Prinsip, Teknik dan Prosedur. Bandung:PT Remaja Rosdakarya.

Arikunto, S. (2018). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta:Bumi Aksara.

Arini, W., & Endang, L. (2019). Respon Siswa Terhadap Media Pembelajaran Alat Pirolisis Sampah Plastik Berbasis Lingkungan Di Smp Kabupaten Musi Rawas. Thabiea : Journal of Natural Science Teaching, 2(2), 95–104. https://doi.org/10.21043/thabiea.v2i2.5950

Basuki, I., & Hariyanto. (2016). Assesmen Pembelajaran. Bandung:Remaja Rosdakarya.

Budiman, A., & Jailani. (2014). Pengembangan Instrumen Asesmen Higher Order Thinking Skill (HOTS) Pada Mata Pelajaran Matematika SMP Kelas VIII Semester 1. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 1(2), 139–151. https://journal.uny.ac.id/index.php/jrpm/article/view/2671

Desilva, D., Sakti, I., & Medriati, R. (2020). Pengembangan Instrumen Penilaian Hasil Belajar Fisika Berorientasi HOTS( Higher Order Thinking Skills ) Pada Materi Elastisitas Dan Hukum Hooke. Jurnal Kumparan Fisika, 3(1), 41–50. https://ejournal.unib.ac.id/index.php/kumparan_fisika

Dewi, K. S., Myartawan, I. P. N. W., Swari, N. K. T. A., & Sugihartini, N. (2020). Quizizz Effect On Students ’ Grammar Mastery In Higher Efl Classroom Based Mobile Assisted Language Learning ( Mall ). Language and Education Journal Undiksha, 3(1), 15–24. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPBI/article/download/24589/14901

Dwihartanti, M., M, S. U. K., & Ramadhan, A. N. (2018). Pemanfaatan Media Pembelajaran E-Learning di Fakultas Ekonomi UNY. Jurnal Efisiensi - Kajian Illmu Administrasi, 15(2), 51–63. https://doi.org/https://doi.org/10.21831/efisiensi.v15i2.24494

Emy, T. (2019). Berpikir Hots Pada Metode Pembelajaran Problem Based Learning Ips. Jurnal Penelitian Dan Pendidikan IPS, 13(2), 1–6. http://ejournal.unikama.ac.id/index.php/JPPI

Helmawati. (2019). Pembelajaran dan Penilaian Berbasis HOTS. Bandung:PT Remaja Rosdakarya.

Kinanti, M. D., & Subagio, F. M. (2020). Pengembangan LKPD Bahasa Inggris Berbantu Aplikasi Quizizz Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal PGSD, 8(3), 539–548. https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/jurnal-penelitian-pgsd/article/view/35318

Kustijono, R., & Wiwin HM, E. (2014). Pandangan Guru Terhadap Pelaksanaan Kurikulum 2013 Dalam Pembelajaran Fisika Smk Di Kota Surabaya. Jurnal Penelitian Fisika Dan Aplikasinya (JPFA), 4(1), 1. https://doi.org/10.26740/jpfa.v4n1.p1-14

Maulidia, F., & Pahlevi, T. (2020). Pengembangan Instrumen Penilaian Tes Soal Pilihan Ganda Berbasis HOTS Pada Mata Pelajaran Administrasi Umum Jurusan OTKP SMK Negeri 1 Lamongan. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran, 8(1), 136–145. https://journal.unesa.ac.id/index.php/jpap/article/view/8114

Najihah, A. R., Serevina, V., & Et al. (2018). The Development of High Order Thinking Skills ( HOTS ) Assessment Instrument for Temperature and Heat Learning. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan Fisika, 4(1), 19–26. https://doi.org/doi.org/10.21009/1.04103

Noor, S. (2020). Penggunaan Quizizz Dalam Penilaian Pembelajaran Pada Materi Ruang Lingkup Biologi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X.6 SMA 7 Banjarmasin. Jurnal Pendidikan Hayati, 6(1), 1–7. https://www.jurnal.stkipbjm.ac.id/index.php/JPH/article/view/927

Purba, L. S. L. (2019). Peningkatan Konsentrasi Belajar Mahasiswa Melalui Pemanfaatan Evaluasi Pembelajaran Quizizz Pada Mata Kuliah Kimia Fisika I. Jurnal Dinamika Pendidikan, 12(1), 29–39. http://ejournal.uki.ac.id/index.php/jdp/article/download/1028/851

Purbaningrum, K. A. (2017). Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa Smp Dalam Pemecahan Masalah Matematika Ditinjau Dari Gaya Belajar. Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran Matematika, 10(2), 40–49. http://jurnal.untirta.ac.id/index.php/JPPM/article/viewFile/2029/1571

Putri, N. W., & Dwijayanti, R. (2020). Pengembangan Alat Evaluasi Bantuan Aplikasi “Quizizz” Pada Mata Pelajaran Marketing Kelas X Jurusan BDP Di SMK Negeri 10 Surabaya. Jurnal Pendidikan Tata Niaga, 8(3), 985–991. https://jurnal.unesa.ac.id/index.php/jptn/article/view/35985

Putri, R. R., Ahda, Y., & D, R. (2018). Analisis Aspek Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi pada Instrumen Penilaian Materi Protista untuk Peserta Didik SMA / MA Kelas X. Jurnal Biiodik, 4(1), 8–17. https://pdfs.semanticscholar.org/4a1c/51048e6fe2378567a5ada7b01b2dc1a5bd56.pdf

Riduwan. (2015). Skala Pengukuran Variabel Penelitian. Bandung:Alfabeta.

Rodiana, S., & Pahlevi, T. (2020). Pengembangan Instrumen Penilaian Berbasis Higher Order Thinking Skills ( HOTS ) Pada Mata Pelajaran Kearsipan Jurusan OTKP di SMKN 1 Sooko Mojokerto. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran, 8(1), 82–95. https://journal.unesa.ac.id/index.php/jpap/article/view/8115

Saparina, M., Suratman, D., & Nursangaji, A. (2019). Kelayakan Flipbook Digital Sebagai Media Pembelajaran Pada Materi Lingkaran Di Kelas VIII SMP. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 9(9), 1–11. https://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/42466

Sudihartono, Y. (2020). Penerapan Quizizz Dalam Pelaksanaan Penilaian Pengetahuan Peserta Diklat Di Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Daerah Provinsi Sumatera Selatan. Jurnal Lentera Pendidikan Pusat Penelitian, 5(1), 1–15. http://ojs.ummetro.ac.id/index.php/lentera/article/view/1249

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung:Alfabeta.

Sunarti, & Selly, R. (2014). Penilaian Dalam Kurikulum. Yogyakarta:Andi Offset.

Suratman, B., Wulandari, S. S., & Nugraha, J. (2019). relevance of office administrative education and vocational high school curriculum to improve teacher learning : empirical study from Indonesia. International Journal of Applied Business and Economic Research, 15(April), 263–272. http: www.serialsjournal.com

Suratman, B., Wulandari, S. S., Nugraha, J., & Narmaditya, B. S. (2020). Does teacher certification promote work motivation and teacher performance? A lesson from Indonesia. International Journal of Innovation, Creativity and Change, 11(10), 516–525. www.ijicc.net

Sutami, Hudiyono, Y., & Ilyas, M. (2020). Pengembangan Instrumen Asesmen Higher Order Thinking Skills (HOTS) Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia SMA Dan SMK. Jurnal Kajian Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 3(1), 102–113. http://diglosiaunmul.com/index.php/diglosia/article/view/24

Sutirman. (2006). Pemanfaatan Internet Dalam Dunia Pendidikan. Jurnal Efisiensi - Kajian Illmu Administrasi, 6(3), 199–208. https://journal.uny.ac.id/index.php/efisiensi/article/view/3905

Suwarna, I. P., & Fatimah. (2018). Implementation Of Digital Assignments To Improve High Order Thinking Skills (HOTs) Ability Of Senior High School Students In The Concept Of Newton’s Law. Jurnal Edusains, 10(2), 335–340. http://journal.uinjkt.ac.id/index.php/edusains

Uswatun, K., & Herina. (2019). Membangun Karakter Siswa Melalui Literasi Digital Dalam Menghadapi Pendidikan Abad 21 (Revolusi Industri 4.0). Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Program Pascasarjana, 21, 999–1015. https://jurnal.univpgri-palembang.ac.id/index.php/Prosidingpps/article/view/2662

Wantoro, J., Sutama, Zuhriah, S., & Hafida, S. H. N. (2019). Pengembangan Instrumen Penilaian Pendidikan Profesi Guru Sekolah Dasar Berbasis HOTS. Jurnal Profesi Pendidikan Dasar, 6(1), 11–20. https://doi.org/10.23917/ppd.v1i1.8453

Wardany, K., Sajidan, & Ramly, M. (2017). Pengembangan Penilaian Untuk Mengukur Higher Order Thinking Skills Siswa. Jurnal Inkuiri, 6(2), 1–16. http://jurnal.uns.ac.id/inkuiri

Widana, I. W. (2017). Modul Penyusunan Soal Higher Order Thinking Skill (HOTS). Jakarta:Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah. http://repo.ikippgribali.ac.id/id/eprint/651/1/MODUL PENYUSUNAN SOAL HOTS_Dit PSMA 2017.pdf

Widiyawati, Y., Nurwahidah, I., & Sari, D. S. (2019). Pengembangan Instrumen Integrated Science Test Tipe Pilihan Ganda Beralasan Untuk Mengukur HOTS Peserta Didik. Jurnal Saintifika, 21(2), 1–14. https://jurnal.unej.ac.id/index.php/STF/article/view/13394

Wihartanti, L. V., Wibawa, R. P., Astuti, R. I., & Pangestu, B. A. (2019). Penggunaan Aplikasi Quizizz Berbasis Smartphone Dalam Membangun Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dan Pembelajaran, 362–368. http://seminar.umpo.ac.id/index.php/SNPP2019/article/view/335

Zaini, H. (2015). Karakteristik Kurikulum 2013 Dan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). El-Idare: Journal of Islamic Education Management, 1(01), 15–31. http://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/El-idare/article/view/288




DOI: https://doi.org/10.21831/efisiensi.v18i1.36997

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

                            
  
 
Editorial team address :
Department of Administration Education, Faculty of Economics, Universitas Negeri Yogyakarta 
Karangmalang Campus, Yogyakarta, Postal Code 55281
Phone (0274) 586168 line. 1583
 
 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. read more...