ANALISIS KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA DENGAN PEMBELAJARAN MELALUI LMS BESMART PADA MATA PELAJARAN KORESPONDENSI DI SMK NEGERI 1 PENGASIH

Titik Sumarwati, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Heni Setiyaningsih, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Yuliansah Yuliansah, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

Abstract


Abstrak: Analisis Kemandirian Belajar Siswa dengan Pembelajaran Melalui LMS Besmart pada Mata Pelajaran Korespondensi di SMK Negeri 1 Pengasih. 

Kemandirian belajar merupakan salah satu faktor penentu dalam keberhasilan belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana tingkat kemandirian belajar siswa dengan pembelajaran melalui LMS besmart pada Mata Pelajaran Korespondensi. Penelitian ini merupakan penelitian ex-post facto dengan metode deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini terdiri dari 72 siswa yang terdiri dari 2 kelas X OTKP SMK Negeri 1 Pengasih Tahun Pelajaran 2021/2022. Analisis dilakukan dengan uji normalitas, statistik deskriptif, dan rekapitulasi angket. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat kemandirian belajar siswa melalui e-learning besmart berada pada tingkat sangat tinggi dengan rata-rata nilai sebesar 86,22. Artinya pemanfaatan e-learning besmart efektif untuk menumbuhkan kemandirian belajar siswa sehingga dapat menjadi solusi keterbatasan waktu belajar di kelas.


Kata kunci: Analisis; Kemandirian Belajar Siswa; LMS Besmart; Korespondensi



Abstract: Analysis of Student Learning Independence through Besmart LMS in Correspondence Subjects at SMK Negeri 1 Pengasih. 

Learning independence is one of the key factors in academic success. This study aims to determine the level of student learning independence when using Besmart LMS in Correspondence subjects. The research employs an ex-post facto design with a quantitative descriptive method. The population of this study consists of 72 students from two 10th-grade OTKP classes at SMK Negeri 1 Pengasih for the 2021/2022 academic year. The analysis includes normality tests, descriptive statistics, and questionnaire recapitulation. The results indicate that students' learning independence through the Besmart e-learning platform is at a very high level, with an average score of 86.22. This suggests that the utilization of the Besmart e-learning platform is effective in fostering students' learning independence, making it a viable solution to overcome classroom time limitations.

 

Keyword: Analysis; Student Learning Independence; Besmart LMS; Correspondence



Keywords


Analisis; Kemandirian Belajar Siswa; LMS Besmart; Korespondensi; Analysis; Student Learning Independence; Besmart LMS; Correspondence

Full Text:

PDF

References


Afandi, A. (2022). Faktor yang Mempengaruhi Kemandirian Belajar Mahasiswa di Indonesia pada masa Pandemi Covid-19. Satya Widya, 38(1), 57–67. https://doi.org/10.24246/j.sw.2022.v38.i1.p57-67

Ali, M. K. (2021). Peningkatan Hasil Bimbingan TIK Siswa Melalui Penggunaan E-learning. JRTI (Jurnal Riset Tindakan Indonesia), 6(2), 167–174. https://doi.org/10.29210/3003995000

Anas, A., & Permatasari Munir, N. (2020). Penerapan Media E-Learning Berbasis Proyek Terhadap Kemandirian Belajar Dan Pemahaman Konsep Mahasiswa Universitas Cokroaminoto Palopo. Pedagogy: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 9–19. https://doi.org/10.30605/pedagogy.v5i1.268

Arsakaeva, Kh. S. (2023). Modern Business Writing Etiquette. SHS Web of Conferences, 172, 1–4. https://doi.org/10.1051/shsconf/202317203013

Audhiha, M., Vebrianto, R., Habibi, M., Febliza, A., & Afdal, Z. (2022). Pengembangan Instrumen Kemandirian Belajar untuk Siswa Sekolah Dasar. Madrasah: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar, 14(2), 111. https://doi.org/10.18860/mad.v14i2.13187

Baroroh, K., Prilanita, Y. N., Nurseto, T., & Jannah, N. M. (2023). The Use of Besmart to Improve Student’s Self-Discipline in Community Economy Course. Jurnal Kependidikan Penelitian Inovasi Pembelajaran, 7(2), 247–260.

Boyer, S. L., Edmondson, D. R., Artis, A. B., & Fleming, D. (2014). Self-Directed Learning: A Tool for Lifelong Learning. Journal of Marketing Education, 36(1). https://doi.org/10.1177/0273475313494010

Cahyadi, Wahyu. R., Ariyanto, Sudirman. R., Hadi, Bagas. S., & Pratama, Muhammad. Y. (2022). Pendidikan Jarak Jauh di SMK dan Kendalanya Selama Pandemi Covid-19. JIPI (Jurnal Ilmiah Penelitian dan Pembelajaran Informatika), 7(1), 247–253. https://doi.org/10.29100/jipi.v7i1.2712

Cheng, X., & Zhou, L. (2022). A Meaningful Experiment in Industry-School Partnership in Vocational Education. Science Insights Education Frontiers, 11(2), 1527–1529. https://doi.org/10.15354/sief.22.co012

Churiyah, M., Rohmah, R. F. N., Agustina, Y., & Filianti. (2021). 21st Century Learning Implementation: Authentic Performance-Based Assessment of Correspondence Practicum. Proceedings of the Sixth Padang International Conference On Economics Education, Economics, Business and Management, Accounting and Entrepreneurship (PICEEBA 2020), 283–287. https://doi.org/10.2991/aebmr.k.210616.042

Fathoni, A., & Retnawati, H. (2021). Challenges and Strategies of Postgraduate Students in Online Learning During the Covid-19 Pandemic. Jurnal Prima Edukasia, 9(2), 233–247. https://doi.org/10.21831/jpe.v9i2.37393

Gomathy, C. K., Sai, B. S., Reddy, A. P., & Nithish, C. (2022). The Effect of Communication Barrier on the Productivity and Perfomance of Employees . International Journal of Scientific Research in Engineering and Management (IJSREM), 6(2), 1–6.

Hunaida, W. L., & Izmiyah, M. (2020). Electability Of Online Learning In The Perspective Of Parents At Mi Plus Al-Mahmud During The Covid-19 Pandemic. Didaktika Religia, 8(2), 397–420.

Irfansyah, A., Suparji, Suprianto, B., Kuntadi, C., & Sudarmaji, H. (2023). Factors That Affect the Quality Of Vocational Education Graduates in the 4.0 Era: Job Readiness, Skills and Digital Services. Dinasti International Journal of Education Management And Social Science, 4(4), 485–496. https://doi.org/10.31933/dijemss.v4i4.1734

Kumalasari, D., Purwantara, S., Supardi, S., Hendrastomo, G., & Aw, S. (2022). Online Learning Implementation in the Faculty of Social Sciences During the Covid-19 Pandemic. Journal of Social Studies (JSS), 18(2), 159–172.

Kurniawan, A. (2020). Pemanfaatan JB Class untuk Mendorong Kemandirian Belajar Siswa dalam Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Karya Ilmiah Guru, 5(1), 1.

Latapamei, D. A., & Rosy, B. (2021). Keefektifan Penggunaan Edmodo sebagai Media Pembelajaran E-Learning Siswa Kelas XI OTKP SMK Negeri 4 Surabaya. Journal of Office Administration : Education and Practice, 1(3), 391–405. https://doi.org/10.26740/joaep.v1n3.p391-405

Linasari, R., & Arif, S. (2022). Pengaruh Kemandirian Belajar Terhadap Minat Belajar IPA Siswa Kelas VIII SMP. Jurnal Tadris IPA Indonesia, 2(2), 186–194. https://doi.org/10.21154/jtii.v2i2.874

Mardapi, D. (2016). Pengukuran, Penilaian dan Evaluasi Pendidikan. Parama Publishing.

Mawardi. (2014). Keefektifan Desain Pembelajaran Berbasis E-Learning dalam Menumbuhkan Kemandirian dan Hasil Belajar Mahasiswa. Seminar Nasional.

Nadhiah, P. R., & Wulandari, S. S. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran SAVI (Somatic, Auditory, Visual, Intelectual) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Korespondensi di SMK Negeri 10 Surabaya. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 8(3), 421–432. https://doi.org/10.26740/jpap.v8n3.p421-432

Nartani, C. indah, Wardani, K., & Praheto, B. ebi. (2018). Strategi Peningkatan PeneraPan Metode PeMbelajaran E-lEarning pada PrograM Studi PGSD FKIP UST. Jurnal VARIDIKA, 30(1), 12. https://doi.org/10.23917/varidika.v30i1.6539

Novitasari, I., Budiana, S., & Tampubolon, S. (2019). Hubungan Kemandirian Belajar dengan Percaya Diri Siswa. Pedagogia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 11(1), 53. https://doi.org/10.55215/pedagogia.v11i1.7193

Nugroho, P. W., & Maulana, M. A. (2021). Kemandirian Belajar dalam Pembelajaran Jarak Jauh. Advice: Jurnal Bimbingan dan Konseling, 3(1), 10–16.

Purba, A., Sipahutar, H., & Edi, S. (2019). Comparison of Self-Regulated and Students’ Learning Achievements by Using E-learning Based Schoology and Power Point on Biology Materia. Proceedings of The 5th Annual International Seminar on Trends in Science and Science Education, AISTSSE, 1. https://doi.org/10.4108/eai.18-10-2018.2287189

Rahim, Y., Fakhriyah, F., & Ismaya, E. A. (2021). Kemandirian Belajar Daring Melalui Whatsapp Siswa SD di Desa Sidigede Kecamatan Welahan Kabupaten Jepara pada Masa Pandemi Covid-19 . Jurnal Inovasi Penelitian, 2(5), 1397–1402.

Ramadhan, F. H. Y., & Herwin, H. (2022). How Do StudentsImplement E-Learning During the Covid-19 Pandemic? AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan, 14(3), 3753–3762. https://doi.org/10.35445/alishlah.v14i3.1279

Sari, D. R., & Fadilah, N. (2023). Corresspondence Skill: Business Letter and Email Handling . Journal of Digital Education, Communication, and Arts (DECA) , 5(01), 46–55. https://doi.org/10.30871/deca.v5i01.5136

Siagian, E., Marpaung, N., & Simanjuntak, M. P. (2021). Pembelajaran Berbasis 82 Learning Management System (LMS) Menggunakan Moodle Terhadap Peningkatan Kemandirian Belajar Siswa. Jurnal Inovasi Pembelajaran Fisika (INPAFI), 9(3), 54–60.

Siagian, H., Pangaribuan, J. J., & Silaban, P. J. (2020). Pengaruh Kemandirian Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 1363–1369. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.528

Siagian, R. E. F., Marliani, N., & Lubis, E. M. (2021). Pengaruh Kemandirian Belajar Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Pada Siswa Sekolah Menengah Atas. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(4), 1798–1805. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i4.1597

Simanullang, R. S. P., Mutmainnah, S., Sitanggang, G., & Sibarani, C. G. G. (2022). Pemberdayaan Dan Pengembangan Fungsi Laboratorium Mini Office DI SMK PAB 3 Dan SMK MARISI Jurusan Otomatisasi Tata Kelola Perkantoran (OTKP. Amaliah: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(1), 64–71.

Soe’oed, R., Hanim, Z., Sanda, Y., & Yau, L. (2022). Pendampingan Peningkatan Mutu Pengajaran Guru untuk Meningkatkan Mutu Pendidikan di Samarinda. Amalee: Indonesian Journal of Community Research and Engagement, 3(2), 355–367. https://doi.org/10.37680/amalee.v3i2.1998

Suhairi, Putri Apriani Batubara, Febrianty Try Andini, & M. Alfito Dinova. (2023). Correspondence And Business Presentations And Handling Of Customer Complaints. International Journal of Economic Research and Financial Accounting (IJERFA), 1(4), 194–201. https://doi.org/10.55227/ijerfa.v1i4.46

Sundari, S., Fuadi, D., & Hidayati, Y. M. (2022). Kemandirian Belajar Matematika Masa Pandemi Covid-19 pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(1), 1389–1397. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i1.2233

Surjono, H. D. (2013). Membangun Course E-learning Berbasis Moodle. Edisi Kedua. UNY Press.

Susana, & Nurdyansyah. (2023). Use of Learning Management System for Students’ Independence and Discipline Penggunaan Learning Management System Terhadap Kemandirian Dan Kedisiplinan Siswa. Middle European Scientific Bulletin, 33, 87–93.

Sutirman, S., Rosidah, R., & Ramadhan, A. N. (2021). ANALISIS MASALAH DAN KEBUTUHAN PEMBELAJARAN KORESPONDENSI PADA SMK KOMPETENSI KEAHLIAN ADMINISTRASI PERKANTORAN DI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA. Jurnal Wahana Pendidikan, 8(2). https://doi.org/10.25157/wa.v8i2.5943

Syelitiar, F., & Putra, A. (2021). Systematic Literatur Review: Kemandirian Belajar Siswa Pada Pembelajaran Daring. Sepren, 2(2), 23–31. https://doi.org/10.36655/sepren.v2i2.490

Tagela, U. (2021). Perbedaan Kemandirian Ditinjau dari Jenis Kelamin dan Urutan Kelahiran Siswa SMP. Jurnal Konseling Gusjigang, 7(1), 1.




DOI: https://doi.org/10.21831/efisiensi.v20i2.79477

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

                            
  
 
Editorial team address :
Department of Administration Education, Faculty of Economics, Universitas Negeri Yogyakarta 
Karangmalang Campus, Yogyakarta, Postal Code 55281
Phone (0274) 586168 line. 1583
 
 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. read more...