Analisis Butir Soal dengan Classical Test Theory untuk Mengukur Kemampuan Kognitif Siswa

Febrika Yogie Hermanto, Universitas Negeri Surabaya, Indonesia
Agnes Dwi Anggraeni, Universitas Negeri Surabaya, Indonesia
Sutirman Sutirman, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

Abstract


Abstrak: Analisis Butir Soal dengan Classical Test Theory untuk Mengukur Kemampuan Kognitif Siswa

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kelayakan pada butir soal yang digunakan untuk mengukur kemampuan kognitif siswa SMK Manajemen Perkantoran dan Layanan Bisnis (MPLB) pada pembelajaran Praktik Perkantoran. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan menganalisis 50 butir instrumen tes berbentuk pilihan ganda. Analisis data penelitian ini menggunakan classical test theory yang terdiri dari uji validitas, reliabilitas, daya pembeda soal, tingkat kesukaran soal, dan efektivitas pengecoh di mana dianalisis dengan menggunakan SPSS dan Anbuso. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat 31 soal yang dapat digunakan dalam mengkur kemampuan kognitif siswa dengan tingkat ketepatan dan keajekan yang baik – valid dan reliabel. Daya pembeda menunjukkan bahwa seluruh soal dapat digunakan dengan kategori daya pembeda baik dan cukup baik. Tingkat kesukaran soal menunjukkan bahwa 6,5% soal dinyatakan sukar, 51% soal dinyatakan mudah, dan 41,9% soal dinyatakan sedang. Terakhir, efektivitas pengecoh menunjukkan bahwa 16 butir soal perlu direvisi pengecohnya apabila digunakan dalam paket soal yang digunakan karena menunjukkan kurang efektifnya alternatif jawaban untuk mengecoh peserta ujian. 

Kata kunci: Analisis Butir Soal; Classical Test Theory; Memampuan Kognitif; SMK; anajemen Perkantoran dan Layanan Bisnis


Abstract:Analysis of test item with Classical Test Theory to Measure Students' Cognitive Ability

This study aims to analyze the feasibility of the items used to measure the cognitive abilities of vocational students of Office Management and Business Services (OMBS) in Office Practice learning. This study is a descriptive study by analyzing 50 items of multiple choice test instruments. The data analysis of this study uses classical test theory which consists of testing the validity, reliability, discriminat power, difficulty level, and distractor effectiveness which are analyzed using SPSS and Anbuso. This study indicate that there are 31 questions that can be used in measuring students' cognitive abilities with a good level of accuracy and reliability – valid and reliable. Discriminat power of test item shows that all questions can be used with good and fairly good discriminant power categories. The difficulty level of the questions showed that 6.5% of the questions were declared difficult, 51% of the questions were declared easy, and 41.9% of the questions were declared moderate. Then, the distractor effectiveness shows that 16 items need to be revised if they are used in the question package used because they show the ineffectiveness of alternative answers to trick participants.

 Keyword: Analysis of Test Item; Classical Test Theory, Cognitive Ability, Vocational High School, Office Management and Business Services


Keywords


Analisis Butir Soal; Classical Test Theory; Memampuan Kognitif; SMK; Manajemen Perkantoran dan Layanan Bisnis; nalysis of Test Item; Classical Test Theory, Cognitive Ability, Vocational High School, Office Management and Business Services

Full Text:

PDF

References


Arikunto. (2013). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Dachliyani, L. (2019). Instrumen yang Sahih: Sebagai Alat Ukur Keberhasilan Suatu Evaluasi Program Diklat (evaluasi pembelajaran). MEDIKA: Media Informasi Dan Komunikasi Diklat Kepustakawanan, 5(1), 57–65.

Djaali. (2000). Pengukuran Dalam Pendidikan. Jakarta: Program Pascasarjana.

Firdausa, A. R., & Istiyono, E. (2019). Developing instrument for assessing student collaboration in vocational high schools. Journal of Physics: Conference Series, 1273(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1273/1/012043

Fitrianawati, M. (2015). Peran Analisis Butir Soal Guna Meningkatkan Kualitas Butir Soal, Kompetensi Guru Dan Hasil Belajar Peserta Didik. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan PGSD UMS & HDPGSDI Wilayah Jawa, 5(3), 282–295.

Handayani, S. L., & Iba, K. (2020). Karakteristik Tes Keterampilan Proses Sains: Validitas, Reliabilitas, Tingkat Kesukaran dan Daya Pembeda Soal. Jurnal Publikasi Pendidikan, 10(2), 100–106. https://doi.org/10.26858/publikan.v10i2.13051

Hermanto, F. Y., Sutirman, Hidayati, B., & Sholikah, M. (2019). The Need of Practical Teaching in Vocational High School of Automation and Office Management Program in Yogyakarta City. Jurnal Pendidikan Vokasi, 9(3), 238–248. https://doi.org/10.21831/jpv.v9i3.26734

Hermanto, F. Y., Sutirman, Mar’atus, S., & Ranu, M. E. (2021). The effectiveness of distance practice learning for facing covid-19 pandemic in Indonesia. Journal of Theoretical and Applied Information Technology, 99(12), 2925–2936.

Hermanto, F. Y., Wulandari, S. S., Muyassaroh, J., & Hidayati, B. (2022). Validitas Modul Praktik Perkantoran Menggunakan Metode Pembelajaran Role-Playing berbasis Kebutuhan Industri. Jurnal PROFIT: Kajian Pendidikan Ekonomi Dan Ilmu Ekonomi, 9(2), 103–111. https://doi.org/10.36706/jp.v9i2.19014

Matondang. (2009). Validitas dan Reabilitas Suatu Instrumen Penelitian. Jurnal Tabularasa PPS Unimed, 496–500. https://doi.org/10.4028/www.scientific.net/AMM.496-500.1510

Muhson, A. (2017). The Development of Practical Item Analysis Program for Indonesian Teachers. International Journal of Intrsuction, 10(2), 199–210.

Muhson, A., Lestari, B., Supriyanto, & Baroroh, K. (2015). Kelayakan Anbuso Sebagai Software Analisis Butir Soal Bagi Guru. Jurnal Kependidikan, 45(2), 198–210. https://doi.org/doi.org/10.21831/jk.v45i2.7499

Saccuzzo, K. &. (2009). Psychological testing: Principles, applications, and issues (7th ed.). wadsworth.

Sudijono, A. (2013). Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT. Raja Grafndo Persada.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kebijakan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi, R&D dan Penelitian Evaluasi. Alfabeta.

Sugiyono, S., Lastariwati, B., Budiastuti, E., & Yudianto, A. (2018). Development of Authentic Assessment Instruments for Saintifical Learning in Tourism Vocational High Schools. Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, 24(1), 52–61. https://doi.org/10.21831/jptk.v24i1.16670

Susanto, H., Rinaldi, A., & Novalia. (2015). Analisis Validitas Reabilitas Tingkat Kesukaran dan Daya Beda pada Butir Soal Ujian Akhir Semester Ganjil Mata Pelajaran Matematika. Al-Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 203–217.

Sutami. (2020). Pengembangan Instrumen Asesmen Higher Order Thinking Skills (HOTS) pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia SMA dan SMK. Diglosia: Jurnal Kajian Bahasa, Sastra, Dan Pengajarannya, 3(1), 102–113. https://doi.org/10.30872/diglosia.v3i1.24

Widianingrum, R., Suranto, Hermanto, F. Y., & Sholikah, M. (2020). Office Communication Competencies for Vocational High School in Industri 4.0. Dinamika Pendidikan, 15(1), 77–86. https://doi.org/10.15294/dp.v15i1.24348




DOI: https://doi.org/10.21831/efisiensi.v20i2.80225

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

                            
  
 
Editorial team address :
Department of Administration Education, Faculty of Economics, Universitas Negeri Yogyakarta 
Karangmalang Campus, Yogyakarta, Postal Code 55281
Phone (0274) 586168 line. 1583
 
 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. read more...