DEVELOPMENT OF TEXTBOOKS ON FINANCIAL MANAGEMENT AND BANKING
Siti Sri Wulandari, Universitas Negeri Surabaya, Indonesia
Brillian Rosy, Universitas Negeri Surabaya, Indonesia
Novi Trisnawati, Universitas Negeri Surabaya, Indonesia
Abstract
Abstrak: Pengembangan Buku Ajar Manajemen Keuangan Dan Perbankan
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran yang didukung oleh buku ajar untuk meningkatkan kualitas pembelajaran guna menghasilkan lulusan yang dapat menyelesaikan persoalan di dunia kerja salah satunya kegiatan administrasi keuangan dan kegiatan perbankan. Metode penelitian yang digunakan adalah research and development dengan model pengembangan ADDIE. Penelitian ini menghasilkan perangkat pembelajaran RPS, kelayakan validasi buku ajar dari ahli bahasa, materi, dan kegrafikan serta mendapat nilai efektif untuk diimplementasikan dengan perolehan skor sebesar 83,20 dari hasil post-test dibandingkan dengan skor pre-test 78.40 yang memiliki kenaikan sebesar 4,80.
Kata kunci: Model SCSS; Buku Ajar; Administrasi Keuangan; Perbankan; ADDIE
Abstract: Development Of Textbooks On Financial Management And Banking
This study aims to develop learning tools supported by textbooks to improve the quality of learning to produce graduates who can solve problems in the world of work, one of which is financial administration and banking activities. The research method used is research and development with the ADDIE development model. This study produces RPS learning tools, the feasibility of textbook validation from language, material, and graphics experts and gets an effective value for implementation with a score of 83.20 from the post-test results compared to the pre-test score of 78.40 which has an increase of 4.80. The abstract is written in Indonesian.
Keyword: SCSS Model; Textbooks; Financial Administration; Banking; ADDIE
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Amelia, U. (2023). Tantangan Pembelajaran Era Society 5.0 dalam Perspektif Manajemen Pendidikan. Al-Marsus : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(1), 68. https://doi.org/10.30983/al-marsus.v1i1.6415
Apriliani, R. (2023). Urgensi Keterampilan Literasi Keuangan Sejak Dini: Analisis Kendala Dan Prospek. Prosiding Seminar Nasional Indonesia, 1(1), 1–16.
Ardiansah, F., & Miftakhi, D. R. (2020). Pengembangan Buku Ajar dengan Model Addie pada Mata Kuliah Manajemen Teknologi Pendidikan. Journal of Education and Instruction (JOEAI), 3(2), 247–258. https://doi.org/10.31539/joeai.v3i2.1550
BNSP. (2014). Naskah Akademik Instrumen Penilaian Buku Teks Kelompok Peminatan Ekonomi. Jakarta.
Carolina, H. S., Hakim, N., Sari, T. M., Dewi, A. F., & Setiawan, T. A. (n.d.). Penerapan Buku Ajar Berbasis Search, Solve, Create and Share (SSCS) untuk Meningkatkan Sikap Peduli Lingkungan.
Crewell, J. W. (2015). Penelitian Kualitatif & Desain Riset. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Dwi Urip Wardoyo, Furqan Ramadhan, Brilyan Yusuf Akbar, Gilang Ramadhan, Muhammad Fariz Fahreza, & Wahid Prasetyo Nugroho. (2023). Analisis Pengaruh Bantuan Sosial Pemerintah Dan Literasi Keuangan Terhadap Mahasiswa Yang Terdampak Covid-19. Jurnal Publikasi Ekonomi Dan Akuntansi, 3(1), 62–72. https://doi.org/10.51903/jupea.v3i1.405
Fitriah, & Ichwanudin, W. (2020). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Inklusi Keuangan (Studi Pada Mahasiswa Magister Manajemen Universitas Sultan Ageng Tirtayasa). Jurnal Riset Bisnis Dan Manajemen Tirtayasa (JRBMT), 4(2), 94–108. Retrieved from https://jurnal.untirta.ac.id/index.php/JRBM
Hidayah, N., Nurafiani, S., Handoko, A., Haka, N. B., Ningrum, A. R., & Hasanah, U. (2024). Analisis Higher Order Thinking Skills (HOTS) Peserta Didik Melalui Model Pembelajaran Search Solve Create and Share (SSCS). Jurnal Riset Dan Inovasi Pembelajaran, 4(1), 183–192. https://doi.org/10.51574/jrip.v4i1.1234
Lailia, S. A., Fatimah, S., Seftiana, A. F., Ayu, S., & Rista, V. N. (2023). Mengintegrasikan teknologi digital dalam pembelajaran di MI/SD pada era revolusi industri 5.0. SIGNIFICANT: Journal Of Research And Multidisciplinary, 2(1), 10–19.
Luthfiyah, A., Valentina, B. K., & Ningrum, F. Z. (2021). MODEL PEMBELAJARAN SSCS (SEARCH, SOLVE, CREATE, AND SHARE) TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS. Prosiding Konferensi Ilmiah Pendidikan, 2, 59–68.
Maimun, M., & Bahtiar, B. (2022). Effect of Search, Solve, Create, And Share (SSCS) Learning Models Assisted Multimedia Interactive to Improve Creative Thinking Ability and Student Learning Outcomes. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 8(4), 2130–2136. https://doi.org/10.29303/jppipa.v8i4.1983
Marlangen, E. W., Utami, S. D., & Samsuri, T. (2021). Validitas LKS Berbasis SSCS (Search, Solve, Create, and Share) untuk Melatih Keterampilan Berpikir Kritis Siswa. Panthera : Jurnal Ilmiah Pendidikan Sains Dan Terapan, 1(1), 64–73. https://doi.org/10.36312/pjipst.v1i1.23
Meika, I., Ramadina, I., Sujana, A., & Mauladaniyati, R. (2021). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Dengan Menggunakan Model Pembelajaran SSCS. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 383–390. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i1.388
Nisa, A. K., Wijayanti, D., & Kusmaryono, I. (2021). Review Pengembangan Bahan Ajar Menggunakan Model Pembelajaran Search, Solve, Create and Share (SSCS). In Seminar Nasional Pendidikan Sultan Agung IV, 2(1).
Pendidikan Administrasi Perkantoran Universitas Negeri Surabaya. (2020). Laporan Tracer Study PAP FEB Unesa. Retrieved from https://pap.feb.unesa.ac.id/
Pendidikan Administrasi Perkantoran Universitas Negeri Surabaya. (2024a). Profil Lulusan PAP FEB Unesa. Retrieved from https://pap.feb.unesa.ac.id/
Pendidikan Administrasi Perkantoran Universitas Negeri Surabaya. (2024b). Visi Misi Tujuan PAP FEB Unesa. Retrieved from https://pap.feb.unesa.ac.id/
Pizzini, E. L. (1988). Rethinking Thinking in the Science Classroom. Science Teacher, 55(9), 22–25.
Rumayara, V., Diena San Fauziya, & Yusep Ahmadi F. (2023). Desain Bahan Ajar E-Modul Menulis Teks Debat Berbasis Model Pembelajaran Sscs Berbantuan Aplikasi Canva Dan Heyzine. Parole : Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 6(4), 335–346. https://doi.org/10.22460/parole.v6i4.20422
Sari, E. N., & Listiadi, A. (2023). Pengembangan E-LKPD Berbasis Contextual Teaching and Learning Pada Materi Harga Pokok Proses Dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMK. Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK), 11(2), 211–227. https://doi.org/10.26740/jpak.v11n2.p211-227
Siahaan, S. D. N., Putriku, A. E., & Saragih, L. S. (2023). Penyusunan Bahan Ajar (Buku) Berbasis Teori Dan Praktik Pada Mata Kuliah Pengenalan Bisnis Di Prodi Kewirausahaan Universitas Negeri Medan. Jurnal Dimensi Pendidikan Dan Pembelajaran, 11(1), 26–38. https://doi.org/10.24269/dpp.v11i1.5916
Soesilo, A., & Munthe, A. P. (2020). Pengembangan Buku Teks Matematika Kelas 8 Dengan Model ADDIE. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 10(3), 231–243. https://doi.org/10.24246/j.js.2020.v10.i3.p231-243
Spatioti, A. G., Kazanidis, I., & Pange, J. (2022). A Comparative Study of the ADDIE Instructional Design Model in Distance Education. Information (Switzerland), 13(9), 1–20. https://doi.org/10.3390/info13090402
Syafri, M., Zulkarnain, Z., & Maimunah, M. (2020). The effect of sscs learning model on the mathematical problem Solving ability of junior high school students, Kampar Regency. Journal of Educational Sciences, 4(2), 309.
Tiyaswati, I., Sarwanto, & Sukarmin. (2021). Students’ creative and innovation skill on chapter of Newton’s law using SSCS learning model. Journal of Physics: Conference Series, 1806(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1806/1/012120
Waty, N. Q., Triwahyuningtyas, N., & Warman, E. (2021). Analisis Perilaku Manajemen Keuangan Mahasiswa Fakultas Ekonomi Upn Veteran Jakarta Dimasa Pandemi Covid-19. Jurnal Manajemen, 2(3), 9–26.
Wibowo, A., Sumaryati, S., & Sudiyanto. (2023). Mengoptimalkan Keterampilan Administrasi Keuangan Melalui Inovasi, 11(1).
Wicaksono, A., Sofa, D. M., & Iswanto, D. (2024). Pelatihan Administrasi Keuangan Dan Kesekretariatan Bagi Generasi Z Di Wilayah Sidoarjo. Nusantara Community Empowerment Review, 2(2), 73–79. https://doi.org/10.55732/ncer.v2i2.1319
Yasin, M., Fakhri, J., Siswadi, Faelasofi, R., Safi’i, A., Supriadi, N., … Wekke, I. S. (2020). The effect of SSCS learning model on reflective thinking skills and problem solving ability. European Journal of Educational Research, 9(2), 743–752. https://doi.org/10.12973/eu-jer.9.2.743
Zou, D., Jong, M. S. Y., Huang, X., Cheng, G., Hwang, G. J., & Jiang, M. Y. C. (2023). A systematic review of SVVR in language education in terms of the ADDIE model. Interactive Learning Environments, 1–26. https://doi.org/10.1080/10494820.2023.2277747
Zulnaidi, H., Heleni, S., & Syafri, M. (2021). Effects of SSCS Teaching Model on Students’ Mathematical Problem-Solving Ability and Self-Efficacy. International Journal of Instruction, 14(1), 475–488.
DOI: https://doi.org/10.21831/efisiensi.v20i2.80686
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. read more...